Kuota Solar Subsidi Tahun Depan Berkurang

Anggita Rezki Amelia
18 September 2018, 09:27
solar
Arief Kamaludin | Katadata

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) sepakat kuota Solar bersubsidi untuk tahun depan turun dari target Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2018. Pertimbangannya adalah kebijakan pencampuran 20% minyak sawit ke Solar (B20).

Tahun depan kuota solar disepakati sebesar 14,50 juta Kilo Liter (KL). Adapun kuota tahun ini sebesar 15,62 juta KL. "Volume minyak solar 14,50 juta KL, setuju," kata Ketua Komisi VII DPR Gus Irawan Pasaribu menyepakati usulan pemerintah pada rapat kerja di dengan Kementerian ESDM, Jakarta, Senin malam (17/9).

Sementara itu, selama delapan bulan terakhir, realisasi konsumsi Solar subsidi hanya 9,97 juta KL. Dalam rapat kerja sebelumnya dengan komisi VII DPR, Menteri ESDM Ignasius Jonan memprediksi hingga akhir tahun ini penyerapan Solar subsidi hanya 14,5 Juta KL.

Hal ini lah yang menjadi pertimbangan pemerintah mengusulkan kuota solar tahun depan lebih rendah dari tahun ini. Apalagi dengan adanya kebijakan B20 pemerintah memperkirakan penyerapan Solar tidak akan melebihi kuota. "Jadi kami usulkan solar 2019 14,5 juta KL saja utuk subsidi," kata Jonan dalam rapat kerja dengan Komisi VII DPR di Jakarta, Kamis (6/9).

Komisi VII DPR dan Kementerian ESDM juga menyepakati subsidi tetap Solar sebesar Rp 2.000 per liter untuk tahun depan. Ini lebih besar daripada tahun ini yang hanya Rp 500 per liter.

Halaman:
Reporter: Anggita Rezki Amelia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...