PLN Kelebihan Stok Batu Bara

Anggita Rezki Amelia
18 September 2018, 15:45
Pembangkit Listrik
Arief Kamaludin|KATADATA

PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) (Persero) kini kelebihan stok batu bara. Padahal, sebelumnya perusahaan pelat merah ini mengalami kekurangan emas hitam tersebut.

Direktur Pengadaan Strategis 2 PLN Supangkat Iwan Santoso mengatakan stok batu bara untuk pembangkit listrik mulai membaik. Ini karena harga batu bara turun, apalagi untuk kalori di bawah 5 ribu.

Sebelumnya, stok batu bara menipis karena harga tinggi. Jadi, pengusaha batu bara cenderung lebih memilih ekspor. “Kami cenderung kebanyakan ini sekarang. Sudah membaik stoknya,” ujar dia di Jakarta, Selasa (18/9).

Saat ini pasokan batu bara untuk sebagian pembangkit sudah di atas 10 hari. Awalnya, pasokan menipis hanya seminggu, bahkan ada yang empat hari.

Menipisnya pasokan itu disebabkan beberapa hal seperti cuaca, sehingga transportasi terhambat. Selain itu, ada masalah pasokan dari pengusaha batu bara.

Pasokan itu tersendat karena harga batu bara di luar negeri tinggi. Sedangkan kewajiban pasokan dalam negeri (Domestic Market Obligation/DMO) yang berlaku 12 April lalu, mematok harga paling mahal US$ 70 per ton. Kemudian, pemerintah juga masih menggodok skema transfer kuota.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...