Kemenpar Gelar Festival Belanja dan Kuliner di 150 Mal

Desy Setyowati
19 September 2018, 09:19
Senayan City
Katadata
Suasana program sale di pusat perbelanjaan Senayan City, Jakarta.

Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menggelar Wonderful Indonesia Culinary & Shopping Festival (WICF) yang ketiga kalinya di 150 mal di Indonesia. Lewat pesta belanja dan kuliner yang digelar sebulan penuh ini, Kemenpar menargetkan nilai transaksi sebesar Rp 250 triliun.

WICF 2018 secara resmi akan dibuka di Beachwalk Shopping Center, Bali pada 27 September nanti. "Ini merupakan ajang menarik yang dipetakan secara strategis guna mendorong perekonomian," kata Menteri Pariwisata Arief Yahya di kantornya, Jakarta, kemarin (18/9).

Advertisement

Saat gelaran WICF pertama, ia mencatat transaksi di pusat perbelanjaan naik 40% dibanding hari biasa menjadi Rp 100 triliun pada 2016. Padahal saat itu WICF hanya digelar di 85 mal. Lalu, jumlah mal ditambah menjadi 104 sehingga transaksinya juga meningkat menjadi Rp 140 triliun pada 2017.

Dalam gelaran WICF tahun ini, ia memperkirakan transaksinya naik 80%. "Kalau itu tercapai, transaksinya bisa sebesar Rp 250 triliun. Itu sama dengan single’s day 11.11, Alibaba mendapat US$ 25 miliar," kata dia. "Bisa sekelas itu."

Menurutnya, nilai transaksi itu sangat mungkin tercapai. Alasannya, ia menargetkan kunjungan wisatawan mancanegara 17 juta dan wisatawan nusantara 275 juta pada tahun ini. Sementara, rata-rata turis asing mengeluarkan Rp 15 juta dan wisnus Rp 800 ribu per kunjungan.

(Baca juga: ITC Mulai Sepi, Deretan Mal Berkonsep Gaya Hidup Sedot Pengunjung)

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement