Akhir Pekan, IHSG Ditutup Mendekati Level 6.000

Image title
21 September 2018, 19:39
IHSG Naik
Arief Kamaludin|KATADATA

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat pada hari ini di level 5.957, menguat 26,4 poin atau 0,45%. Dalam seminggu, indeks mengalami penguatan 0,44% dibanding pada penutupan akhir minggu lalu di level 5.931.

Menguatnya IHSG di akhir minggu ini, dikatakan oleh Analis Binaartha Sekuritas Muhammad Nafan Aji, karena pelaku pasar sudah mengantisipasi perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dengan Tiongkok. Padahal, awal minggu ini perang dagang menjadi faktor eksternal yang membuat indeks berada di zona merah.

Advertisement

"Pada awal pekan lalu, IHSG mengalami pelemahan. Secara eksternal, adapun rencana Presiden Trump mempertahankan rencananya memberlakukan tarif terhadap barang-barang impor Tiongkok senilai US$ 200 miliar turut menekan indeks," kata Nafan kepada katadata.co.id, Jumat (21/9). 

Selain itu, faktor geopolitik dan keamanan yang terjadi di Semenanjung Korea sudah relatif stabil ketika Korea Selatan dan Korea Utara melaksanakan pertemuan bilateral di Pyongyang. Di sisi lain, Nafan menilai, menguatnya harga-harga komoditas global juga menjadikan sentimen positif tambahan. Ditambah lagi, minimnya sentimen kenaikan suku bunga acuan Bank Sentral AS The Fed, akibat hasil dari data makroekonomi AS.

"Dengan demikian indeks dalam skala global rata-rata mengalami penguatan, sehingga memberikan katalis positif bagi penguatan IHSG khususnya," katanya.

(Baca: Aksi Jual Bersih Saham Sepekan Lalu Mencapai Rp 1,03 Triliun)

Dalam seminggu terakhir, indeks pasar saham di Asia juga berada di zona hijau. Seperti Nikkei 225 Index (Tokyo) yang dalam seminggu menguat 3,3% menjadi di level 23.869. Hang Seng Index (Hong Kong) ditutup menguat 2,4% menjadi 27.953. Shanghai Composite Index (Shanghai) menguat 4,32% menjadi 2.797. Strait Times Index (Singapura) menguat 1,39% menjadi 3.217. Korea Stock Exchange KOSPI Index (Korea Selatan) menguat 0,9% menjadi 2.339 dalam seminggu terakhir.

Berdasarkan data dari RTI, investor asing mencatatkan aksi beli pada minggu ini di pasar reguler sebesar Rp 1,2 triliun. Sedangkan, hari ini, asing melakukan aksi beli mencapai Rp 1,13 triliun. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement