Rudi Nugroho Petakan Perbankan dengan Probability Default

Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata
21 September 2018, 12:59
Rudi Nugroho
Katadata/Istimewa
Muh Rudi Nugroho, S.E, M.Sc

Muh Rudi Nugroho, S.E, M.Sc adalah peneliti tunggal dalam LPS Research Fair. Ia memilih tema penelitian Pemetaan Probability Default dan Stress Testing Sektoral sebagai Upaya Penguatan Sistem Prioritas Pembiayaan Perbankan. Rudi berharap pemetaan yang dilakukan dalam penelitian ini mampu mendorong perbankan tidak latah hanya membiayai sektor yang sedang tren dan melupakan pembiayaan sektor lainnya.

“Misalnya semua ramai-ramai ke sektor infrastruktur,” katanya.  Selain itu otoritas keuangan diharapkan mau memberi stimulus kepada sektor yang berisiko besar tapi menguasai hajat hidup orang banyak. “Sektor pertanian  tidak menarik untuk perbankan, tapi kalau diberi stimulus, mungkin bank jadi lebih berminat membiayai.”

Tantangan dalam penelitian ini, kata Rudi, terkait akses data. Penelitian hanya berbasiskan data dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang terpublikasikan dan belum teraudit. “Akan lebih bagus hasilnya jika datanya lebih lengkap per jenis bank,” ujar Rudi.

Saat Rudi ini tercatat sebagai  dosen di Fakultas Ekonomi Bisnis dan aktif di  Pusat Studi Ekonomi Pedesaan dan Kewirausahaan (PSEPK) Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Ranah penelitian digeluti sejak 2003 ketika tergabung dalam penelitian Lembaga Survei Indonesia (LSI). Kini, lebih dari 40 ragam penelitian telah dihasilkan sepanjang karir dan pendidikannya.

Penelitian pertamanya dilakukan di pelosok Papua pada 2005, yaitu pembuatan studi Program Pembangunan Jangka Menengah Kabupaten Biak Numfort, BAPPEDA Biak Numfort. Selepas itu Rudi mengunjungi berbagai wilayah Indonesia untuk melakukan penelitian-penelitian antara lain ke Palopo, Manokwari, Aceh, dan Bangka Belitung.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...