Dikabarkan Berselisih, Pendiri Instagram Mundur dari Facebook

Desy Setyowati
25 September 2018, 15:08
Ilustrasi Instagram
Katadata

Dua pendiri Instagram, Kevin Systrom dan Mike Krieger, resmi meninggalkan Facebook Inc setelah berselisih dengan Chief Executive Officer (CEO) Facebook Mark Zuckerberg. Setelah insiden ini, Instagram akan lebih terintegrasi dengan Facebook bahkan berpotensi menjadi salah satu divisi produk di perusahaan tersebut.

"Mereka mundur setelah bersitegang dengan Mark Zuckerberg tentang arah (kebijakan) Instagram," demikian kata narasumber yang mengetahui persoalan tersebut, seperti dikutip dari Bloomberg, Selasa (25/9).

Systrom dan Krieger tidak secara spesifik menjelaskan alasan keduanya keluar dari Facebook. “Kami berencana meluangkan waktu untuk mengeksplorasi rasa ingin tahu dan kreativitas kami lagi. Membangun hal-hal baru menuntut kami (untuk) mundur,” kata Systrom dalam tulisan yang diunggah di blog Instagram.

Krieger dan Systrom membangun Instagram sejak 2010. Lalu, keduanya menjual Instagram kepada Facebook seharga US$ 1 miliar pada 2012 ketika jumlah penggunanya baru 30 juta pengguna. Kini, Instagram memiliki lebih dari satu miliar pengguna. Alhasil, platform media sosial untuk berbagi foto dan video ini menjadi penopang utama pendapatan Facebook. Menurut data EMarketer, pendapatan Instagram tahun ini diprediksi akan melampaui US$ 8 miliar.

Setelah kepergian kedua tokoh tersebut, Instagram bakal lebih terintegrasi dengan Facebook. Bahkan, Instagram berpotensi menjadi salah satu divisi produk di Facebook, bukan sekadar aplikasi terpisah.

Dalam pernyataan tertulis, Zuckerberg menanggapi kepergian Systrom dan Krieger dengan pujian. "Kevin dan Mike adalah pemimpin produk luar biasa dan Instagram mencerminkan bakat kreatif keduanya," kata Zuckerberg. Ia merasa telah belajar banyak dari kedua pendiri Instagram tersebut selama enam tahun terakhir.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...