Izin BukaDompet Belum Turun, Bukalapak Luncurkan BukaDANA

Desy Setyowati
27 September 2018, 13:21
Bukalapak
Bukalapak
Fajrin Rasyid, Co Founder dan President Bukalapak.

Setahun sudah Bank Indonesia (BI) membekukan BukaDompet, fasilitas dompet elektronik milik Bukalapak. Untuk memberikan layanan pembayaran bagi para pelapak, Bukalapak meluncurkan BukaDANA yang merupakan hasil kolaborasi dengan aplikasi uang elektronik DANA besutan PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (Emtek) dan Ant Financial (Alipay).

Co-Founder dan President Bukalapak Fajrin Rasyid mengatakan, DANA belum tentu menggantikan BukaDompet. "Kami belum tahu respons (dari pengguna BukaDANA) seperti apa. Kami tidak akan buru-buru mengganti BukaDompet dengan BukaDANA," kata Fajrin di kantornya, Jakarta, Kamis (27/9).

Layanan BukaDompet masih menjadi sarana bagi pelapak untuk menerima pembayaran dari pembeli. "Kalau (BukaDANA) menggantikan BukaDompet secara keseluruhan itu takes time. BukaDANA masih (menjadi) salah satu sarana pembayaran saja," ujarnya. Selama sepekan BukaDANA diluncurkan, Bukalapak mencatat penggunaan BukaDANA cukup baik.

Chief Communication Officer (COO) DANA Charisma Albandjar mengatakan, BukaDANA menyediakan beragam keuntungan bagi penggunanya, seperti member point dan voucher. Setelah ini, DANA juga akan terhubung dengan metode pembayaran kartu kredit dan kartu debit. Di awal kehadiran BukaDANA ini, DANA memberi diskon 20% untuk setiap pembelanjaan di Bukalapak.

"Dalam waktu dekat, isi ulang (top up) DANA akan bisa dilakukan secara offline. Tunggu saja," kata dia. Bila rencana ini terwujud, pengguna DANA bisa melakukan isi ulang di mitra Bukalapak hingga gerai waralaba seperti Alfamart dan Indomaret.

(Baca: Tokopedia dan Bukalapak Kalahkan Lazada pada Kuartal II 2018)

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...