4 BUMN Gerak Cepat Bantu Pemulihan Donggala dan Palu Pascagempa

Hari Widowati
30 September 2018, 13:04
Gempa Palu
ANTARA
Sebuah bangunan pusat perbelanjaan yang roboh akibat gempa di Palu, Sulawesi Tengah, Jumat (28/9).

Empat Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bergerak untuk mengamankan stabilitas kebutuhan energi, telekomunikasi, dan perbankan pasca gempa 7,4 SR di Donggala, Sulawesi Tengah. Pada tahap awal, PT Pertamina akan mengamankan pasokan bahan bakar minyak (BBM) sedangkan PT PLN memulihkan pasokan listrik.

Berdasarkan informasi, hingga saat ini Terminal BBM (TBBM) Donggala rusak akibat gempat dan tsunami. Beberapa sarana dan fasilitas (sargas) seperti akses dari dermaga menuju TBBM dan tempat pengisian mobil tangki (filling shed) mengalami kerusakan sehingga kegiatan penyaluran BBM tidak bisa dilakukan. Akses jalan dari TBBM ke Palu dan Sulawesi Barat pun tidak dapat dilewati akibat longsor dan jalan yang rusak.

Deputi Bidang Infrastruktur dan Bisnis Kementerian BUMN Hambra Samal mengatakan, Pertamina telah menyiapkan rencana alternatif RAE (Regular, Alternative, Emergency) untuk mengamankan pasokan energi ke Palu dan sekitarnya. "Pasokan akan dilakukan melalui beberapa TBBM, yakni TBBM Poso, TBBM Moutong, TBBM Toli-Toli, dan TBBM Pare-Pare. Lokasi TBBM tersebut dipilih sesuai dengan kondisi jalur darat yang paling memungkinkan," kata Hambra dalam siaran pers yang diterima Katadata.

Untuk memenuhi kebutuhan bahan bakar industri, Pertamina mengutamakan pasokan kepada PLN agar bisa mengoperasikan kembali pembangkit listrik, juga pasokan kepada TNI dan Polri untuk operasional armada dalam penanganan bencana. Selain itu, Pertamina juga akan berupaya cepat mengamankan pasokan BBM dan elpiji bagi industri dan masyarakat.

Alternatif pasokan akan diluncurkan melalui TBBM Poso, Moutong, Toli-Toli, dan Pare Pare. Untuk elpiji, alternatif suplai ke Palu rencananya dilakukan melalui SPPEK Tri Ariesta dari Gorontalo, Depot LPG Makassar, dan Terminal LPG Bosowa. Selain itu, Pertamina menyiagakan SPPBE alternatif, yakni PT Mitra Utama, PT Nubuwwa Saltika, PT Pare Elpiji, dan PT Permata Alam Sulawesi serta pengiriman 150 tabung LPG 50 Kg dari SPPBE Makassar.

Untuk suplai Avtur, Pertamina akan mengalihkan pasokan ke DPPU Mutiara melalui TBBM Makassar, TBBM Gorontalo, dan TBBM Luwuk. "Penyaluran rencananya dilakukan melalui bridger (mobil tangki avtur), dengan memperhatikan kondisi akses jalan. Pertamina juga memberangkatkan tim relawan yang membawa bantuan logistik dan medis," ujarnya.

(Baca: BMKG Pastikan Tsunami 0,5 Meter Hingga 3 Meter di Palu

Gardu Induk Beroperasi Kembali

PLN pun terus berupaya mempercepat pemulihan listrik. PLN telah berhasil mengoperasikan kembali 2 gardu induk (GI), yaitu GI Pamona dan GI Poso yang memasok listrik untuk pelanggan di Tentena, Poso, Kota Poso, dan Bandara Kasiguncu. PLN juga menerjunkan 216 personil gabungan dari Wilayah Sulawesi Tengah, Utara, Selatan,Tenggara dan Barat, serta Gorontalo untuk membantu perbaikan infrastruktur kelistrikan pasca gempa yang mengguncang Palu dan Donggala. Untuk solusi jangka pendek penerangan, PLN juga membawa 8 genset yang nantinya akan di sebar di posko-posko yang ada di Palu dan Donggala.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...