Uni Eropa Beri Bantuan Rp 25,9 Miliar untuk Korban Gempa Sulteng

Image title
Oleh Ekarina
1 Oktober 2018, 11:57
Gempa Palu
ANTARA/BNPB
Kondisi bangunan RS Anutapura yang rusak akibat gempa di Palu, Sulawesi Tengah , Sabtu (29/9).

Bencana gempa dan tsunami yang melanda Sulawesi Tengah telah menarik simpati masyarakat internasional. Uni Eropa dalam keterangan resminya menyatakan akan memberikan 1,5 juta euro atau sekitar Rp 25,91 miliar sebagai dana bantuan kemanusiaan darurat menyusul besarnya jumlah korban dan kerusakan akibat gempa dan tsunami yang melanda Indonesia pekan lalu.

“Kami bertindak cepat menyalurkan bantuan kepada mereka yang paling terkena dampak di Indonesia. Dana ini akan digunakan untuk membantu masyarakat yang paling rentan terdampak, khususnya dalam penyediaan pasokan penting seperti makanan, tempat tinggal, air dan sanitasi serta persediaan medis," kata Komisaris untuk Bantuan Kemanusiaan dan Manajemen Krisis Uni Eropa, Christos Stylianides dilansir dari keterangan resmi, Senin (1/10).

Menurutnya, bantuan itu merupakan wujud solidaritas Uni Eropa, khususnya kepada semua korban serta pihak-pihak yang bekerja keras dalam misi penyelamatan.

(Baca : Gempa Palu-Donggala, Bulog Pastikan Pasokan Beras Aman)

Selain itu, Komisi Uni Eropa juga akan menempatkan seorang ahli kemanusiaan ke daerah terdampak untuk membantu mengoordinasikan upaya bantuan Uni Eropa serta mengaktifkan layanan pemetaan satelit Copernicus darurat Uni Eropa.

Pusat Koordinasi Tanggap Darurat 24/7 (ERCC) Komisi secara ketat memantau perkembangan dan siap untuk menyalurkan dukungan lebih lanjut sebagaimana diperlukan. Komisi juga memobilisasi bantuan darurat untuk gempa bumi yang melanda Lombok kemarin.

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memastikan telah terjadi tsunami di wilayah Palu, Donggala, dan Mamuju, Sulawesi Tengah. Di Palu, tsunami diperkirakan terjadi sekitar pukul 17.22 WIB atau 18.22 WITA dengan level siaga dan dengan ketinggian sekitar 0,5-3 meter.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...