Jaringan Telekomunikasi Akibat Gempa dan Tsunami Palu Mulai Pulih

Pingit Aria
1 Oktober 2018, 09:19
Gempa Palu
Kominfo
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau lokasi gempa di Palu, Sulawesi Tengah, Minggu (30/9)

Jaringan telekomunikasi di Donggala dan Palu mulai pulih setelah gempa dan tsunami melanda area tersebut pada Jumat (28/9). Setelah jaringan telepon dan SMS, layanan internet pun berangsur mulai dapat digunakan.

“Saat ini layanan komunikasi SMS dan suara sudah normal, sedangkan layanan data 4G juga sudah berangsur pulih di beberapa wilayah seperti di Poso, Donggala, Luwuk, Toli-Toli, Buol, Pasangkayu dan Tondo di Kota Palu,” kata GM External Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin dalam siaran pers, Minggu (30/9).

Advertisement

Telkomsel juga membuka posko untuk pencarian keluarga yang hilang, dapur umum serta memberikan fasilitas telepon dan SMS gratis di posko GraPARI Palu. Selain itu Telkomsel juga memfasitasi para pelanggannya untuk berdonasi bagi korban gempa Donggala melalui UMB *800*01#, aplikasi TCASH, maupun QR Code.

“Dalam waktu yang cepat Telkomsel telah mengerahkan tim Siaga Bencana TERRA (Telkomsel Emergency Response & Recovery Activity) untuk pendirian posko darurat serta percepatan pemulihan layanan jaringan telekomunikasi,” kata Denny.

Telkomsel merupakan operator yang memiliki cakupan terluas di Sulawei Tengah. Saat ini, Telkomsel terus berupaya untuk memulihkan jaringan di wilayah-wilayah yang terkena bencana. “Untuk itu, tim kami bergerak cepat dalam waktu kurang dari 24 jam memobilisasi genset untuk catuan daya serta memasang mobile BTS,” kata Denny.

(Baca juga: Gempa Donggala, Kementerian Komunikasi Kirim 30 Unit Telepon Satelit)

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement