Dorong Pertanian Kepulauan Riau, Pemerintah Incar Ekspor ke Singapura

Michael Reily
2 Oktober 2018, 15:24
Lahan petani
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya
Petani menyiram tanaman di sebuah lahan kawasan Rawasari, Jakarta, Jumat (10/3). Lahan kosong tersebut dimanfaatkan petani untuk bercocok tanam.

Kementerian Pertanian mendorong optimalisasi sektor pertanian  di wilaah Kepulauan Riau (Kepri). Selain bertujuan untuk mengamankan pasokan pangan, optimalisasi sektor pertanian juga diharapkan dapat mengendalikan laju inflasi di wilayah tersebut, meningkatkan investasi hingga ekspor komoditas pertanian ke Singapura.

Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU)   pemanfaatan lahan pertanian untuk memenuhi kebutuhan pangan diteken oleh  Menteri Pertanian  Amran Sulaiman dengan Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun dan Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kepulauan Riau Gusti Raizal Eka Putra.

Menteri Pertanian menyatakan institusinya akan melakukan verifikasi usaha pertanian yang mendorong peningkatan investasi, ekspor pertanian, serta pengendalian inflasi.

"Kami tidak hanya berfokus pada wilayah-wilayah yang sudah menjadi sentra produksi pertanian, tapi juga mengembangkan wilayah yang belum tergali potensinya," kata Amran di Jakarta, Selasa (2/10).

(Baca : Membaik Dibandingkan Tahun Lalu, Daya Beli Petani Masih Rendah)

Kontribusi pertanian hingga saat ini belum optimal, atau hanya sebesar 0,012% terhadap pendapatan Kepulauan Riau. Menurutnya, dari target perluasan lahan tanam pemerintah  sebesar 2 juta hektare, namun realisasi dari program yang sudah dimulai sejak tahun lalu hingga saat ini baru mencapai 1.600 hektare.

Karenanya melalui kerja sama ini,  Kementan menginginkan Kepualuan Riau bisa mengoptimalkan potensi lahan yang ada untuk peningkatan budidaya tanaman pangan pokok, membuka lahan pengembangan pertanian hortikultura pada beberapa kawasan unggulan hortikultura, membuka lahan agrobisnis untuk pertanian hortikultura, serta pembangunan industri/pabrik pengolahan produk tanaman hortikultura. 

Hal ini bertujuan, selain untuk mendorong kemandirian masyarakat untuk memproduksi tumbuhan pangan di daerahnya maupun untuk memenuhi kebutuhan masyarakatnya sendiri, ke depan pemerintah berharap jika sektor pertanian wilayah itu maju, maka Kepri bisa mengekspor komoditas pertanian ke kawasan terdekat yakni Singapura.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...