Dorong Ekonomi Kerakyatan, Ma'ruf Amin Bakal Hadiri Sarasehan di Bali

Rizky Alika
5 Oktober 2018, 22:53
Maruf Amin
ANTARAFOTO | Rivan Awal Lingga
K.H. Ma'ruf Amin

Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin bakal menghadiri Sarasehan Nasional dan Parade Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Sarasehan yang diselenggarakan oleh Santri Millenial Center (SIMAC) dan Asosiasi Kelompok Usaha Rakyat Indonesia (AKURINDO) tersebut akan digelar bersamaan dengan pertemuan tahunan International Monetary Fund (IMF)-World Bank 2018 di Bali, pekan depan.

Ketua Umum AKURINDO Emir Moeis menjelaskan kehadiran Ma'aruf adalah sebagai penggagas arus baru ekonomi Indonesia yaitu ekonomi kerakyatan dan sarasaehan tersebut mendukung gagasan itu. "Arus ekonomi baru bagi masyarakat Indonesia bukan hanya sekadar janji politik, tapi kami mau implementasikan. Jadi tidak hanya janji-janji atau jargon-jargon," kata dia di Kantor Koordinator Bidang Perekonomian di Jakarta, Jumat (5/10).

Menurut dia, dalam sarasehan tersebut bakal banyak dibahas soal petani, nelayan, dan UMKM. Secara rinci, subtema dalam sarasehan tersebut meliputi penguatan akses dan penguatan modal bagi UMKM termasuk usaha mikro pesantren, lalu upaya mendorong berkembangnya koperasi untuk meningkatkan daya saing industri kecil dan kegiatan ekonomi masyarakat bawah.

(Baca juga: Ma'ruf Amin Berfokus Gaet Pemilih di 10 Lumbung Suara Muslim)

Subtema lainnya yaitu, upaya untuk membantu UMKM untuk mengekspor produknya ke luar negeri, terutama dengan menggunakan teknologi digital. Adapun acara tersebut sengaja digelar bersamaan dengan pertemuan tahunan IMF-WB untuk menyuarakan kepada dunia mengenai perkembangan ekonomi kerakyatan.

Rencananya, sarasehan tersebut juga akan dijadikan momentum untuk meluncurkan program bantuan berupa asuransi penjaminan Kredit Usaha Rakyat (KUR). Asuransi bakal dilakukan oleh konsorsium dari PT Asuransi Purna Artanugraha (ASPAN), PT Bhakti Bhayangkara Asuransi, PT Asuransi Staco Mandiri. Premi asuransi bakal dibayarkan SIMAC dan AKURINDO.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...