Ke Bali, Jack Ma Janji Promosikan Produk Indonesia Lewat Alibaba

Desy Setyowati
8 Oktober 2018, 15:05
Jokowi Jack Ma
Biro Pers Istana Kepresidenan
Kunjungan terebut juga sebagai apresiasi Alibaba atas Asian Games 2018 di Jakarta - Palembang, serta dukungan untuk Asian Games 2022 yang akan berlangsung di Hangzhou, Tiongkok.

Pendiri Alibaba Group Jack Ma bakal menghadiri Sidang Tahunan Dana Moneter Internasional (IMF) – Bank Dunia di Bali, pada Sabtu (13/10) mendatang. Dalam kesempatan ini, Jack Ma juga berkomitmen mempromosikan produk Indonesia lewat platform-nya, Alibaba Group.

Hal itu disampaikan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Rudiantara. "Jack Ma punya paltform di sana (Tiongkok). Ini adalah bagaimana kami manfaatkan 700 juta orang (warga Tiongkok) yang terhubung dengan internet. Kalau Jack Ma bicara beli barang Indonesia, maka mereka deeply considered," ujar Rudiantara di sela-sela Sidang Tahunan IMF-Bank Dunia, Bali, Senin (8/10).

(Baca juga: Forum IMF-Bank Dunia Galang Bantuan bagi Korban Gempa Lombok dan Palu)

Lobi dengan Jack Ma merupakan salah satu langkah pemerintah untuk meningkatkan ekspor Indonesia, khususnya ke Tiongkok. Nantinya, Kementerian Perdagangan (Kemendag) dan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) bakal menyeleksi produk yang akan dipromosikan oleh Jack Ma. "Kalau promosi jangan banyak-banyak, 2-3 jenis barang dan available. Jadi fokus," kata dia.

Produk ini nantinya bakal dipromosikan pada kampanye Single’s Day Alibaba, pada 11 November 2018. Menurutnya, ini adalah kesempatan yang berharga, sebab total transaksi Gross Merchandise Volume (GMV) Alibaba pada Single’s Day mencapai US$ 25,3 miliar atau Rp 342,8 triliun. "Itu lebih besar dari Produk Domestik Bruto (PDB) satu negara kecil," kata Rudiantara.

Selain itu, Jack Ma dalam forum IMF – Bank Dunia, Jack Ma akan berbagi informasi terkait strategi meningkatkan ekspor suatu negara. Salah satu faktor pendorongnya adalah dengan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), khususnya di bidang ekonomi digital.

(Baca: Jumlah Peserta Rapat Tahunan IMF-Bank Dunia Capai 32.000)

Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...