Gerilya Politik Sandiaga Uno dan Strategi Kampanye Prabowo

Dimas Jarot Bayu
10 Oktober 2018, 06:38
Prabowo Subianto-Sandiaga Uno
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden Prabowo Subianto (kiri) dan Sandiaga Uno (kanan) saling berpegangan tangan seusai mendaftarkan dirinya di gedung KPU, Jakarta, Jumat (10/8/2018).

Beberapa pekan terakhir, Sandiaga Uno begitu sibuk. Lihat saja jadwal kegiatannya yang sangat padat. Ia banyak mengunjungi sejumlah daerah, menemui tokoh dan pejabat setempat, menyapa masyarakat.

Dalam setiap kunjungannya, selalu ada kata-katanya yang menggelitik publik, mulai dari tempe setips kartu ATM hingga sepiring makan siang di Jakarta lebih mahal dari di Singapura. Pengusaha muda ini memang sedang bergerilya. Sebagai calon wakil presiden yang berpasangan dengan Prabowo Subianto, ia ingin lebih dikenal masyarakat.

(Baca: Menakar Lobi Personal Sandiaga di Tengah Kekosongan Tim Kampanye).

Karena itu, hari-hari belakangan, dia seakan tak ada jeda. Misalnya hari ini, agenda Sandi begitu penuh-sesak sejak pagi hingga sore. Pukul 09.00 nanti, dia dijadwalkan sudah di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Karangsong, Indramayu, Jawa Barat. Sejam kemudian, Sandi akan brgeser ke Sentra Batik Paoman, juga di Indramayu.

Siangnya, mantan Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) ini mengunjungi Pabrik Kerupuk di Kenanga, Desa Terusan. Tak lupa dia akan menyempatkan ke Pesantren Ar Ribath Annabawiyah. Kalau tak ada aral melintang, kegiatannya di Indramayu ini hendak diakhiri dengan mendatangi Islamic Center.

Agenda tak kalah padatnya sudah ia gelar kemarin di Lampung. Pagi hari Sandi mendatangi Pasar Tugu, Tanjung Karang Timur, Bandar Lampung. Serentetan kegiatan mengikutinya hingga sore ketika melakukam dialog interaktif dengan “emak-emak” di Bambu Kuning Square, juga di Kota Bandar Lampung.

Sejak kampanye resmi dimulai pada 23 September 2018 lalu, Sandiaga memang kerap melakukan gerilya politik. Selain dua tempat tadi, dalam sepekan terakhir, dia telah terjun bertemu masyarakat di Jakarta, Bogor, Sidarjo, Pasuruan, Probolinggo, Bondowoso, dan Jember. Intensitas kampanye Sandiaga ini timpang dibandingkan dengan duetnya, Prabowo Subianto. 

Prabowo dalam sepekan terakhir tercatat hanya pergi ke Sukabumi pada Minggu (7/10). Ketika itu, dia bersilaturahim ke Pondok Pesantren As-Syafi'iyah Pulo Air. Selebihnya, Prabowo diketahui dua kali melakukan konferensi pers di kediamannya, Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Peran Sandiaga yang lebih dominan dalam kampanye ini seolah membuatnya seperti pemain tunggal atau one man show dalam Pilpres 2019. Dominannya langkah politik ini sebenarnya tak lepas dari strategi Prabowo-Sandiaga dalam berkampanye. (Baca: Jalan Terjal Prabowo-Sandiaga Meraih Suara Kalangan Nahdiyin)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...