Tips Bikin Jeans Awet Ala Penata Busana Erick Tjong

Dini Hariyanti
10 Oktober 2018, 16:50
Jakarta Fashion Week
Jakarta Fashion Week
Pagelaran busana yang digelar pada Jakarta Fashion Week (JFW) 2018 di Senayan City, Oktober 2017 lalu.

Celana jeans memiliki peminat tersendiri di dunia fesyen. Sebagian orang bahkan menjadikannya sebagai koleksi sehingga wajar jika mereka berusaha menjaga durabilitas dan tampilan jeansnya tetap apik.

Fashion Stylist Erick Tjong termasuk salah satu penggemar jeans. Oleh karena itu, dia hendak berbagi pengalaman dalam menjaga celana berbahan denim supaya lebih awet. Hal mendasar, imbuhnya, terletak pada cara pencucian.

Advertisement

Ya, kabar gembira bagi para penggemar jeans lusuh karena Anda memang tak perlu sering mencucinya. Erick bercerita sekilas bahwa seorang temannya bahkan tak mencuci celana jeans selama dua tahun.

Untuk menghilangkan bau tak sedap dari celana jeans yang jarang dicuci itu, Anda dapat membukusnya dengan plastik. Setelah itu, masukkan jeans selama beberapa saat ke dalam lemari pendingin.

"Tapi kalau ingin (jeans) tetap bersih tetapi warna juga awet maka pencuciannya sebaiknya menggunakan cuci kering," kata Erick, di Jakarta, Rabu (10/10).

Sementara itu, Levi's selaku merek fesyen jeans tertua di dunia menyatakan, sebetulnya celana berbahan denim tidak memerlukan perawatan khusus. Dari segi durabilitas bahan, denim relatif paling awet dibandingkan dengan bahan lain.

"Perawatan denim tidak ada perawatan khusus, karena bahan denim (khusus produk Levi's) adalah kualitas terbaik," ujar Country Marketing Head Levi's Indonesia Adhita Idris.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement