Empat Daerah Minim Gempa di Sulawesi Tengah Jadi Opsi Tempat Relokasi

Image title
12 Oktober 2018, 16:29
Gempa Palu
Biro Pers Istana

Pemerintah tengah menyiapkan empat wilayah di Sulawesi Tengah sebagai tempat relokasi pascagempa dan tsunami di Palu. Keempat wilayah ini terpilih karena potensi gempanya lebih kecil daripada daerah lain.

Empat wilayah itu adalah Duyu, Talise, Sidera dan Balora. “Itu masih alternative dan belum ditetapkan. Kami harus tahun terlebih dulu ini lahannya punya siapa,” kata Kepala Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Rudy Suhendar di Jakarta, Jumat (12/10).

Pencarian wilayah untuk menjadi tempat relokasi juga melibatkan beberapa kementerian. Selain Kementerian ESDM ada, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kementerian Agraria dan Tata Ruang (APR), Badan Pertahanan Nasional (BPN), dan Pemerintah Dearah.

Relokasi itu harus dilakukan karena daerah yang terkena likuifaksi (pencairan tanah) tidak bisa dibangun lagi. Ini karena tanah sudah bercampur dengan reruntuhan bangunan. Alhasil, jika ada rumah yang dibangun di lokasi tersebut juga akan runtuh. "Kami sudah hampir sepakat bahwa lokasi yang liuifaksi itu tidak akan dibangun lagi," kata Rudy.

Adapun, Kementerian (PUPR) telah menetapkan kajian wilayah relokasi dapat selesai dalam waktu satu bulan. Sedangkan, rencananya tanah yang terkena dampak likuifasi akan dijadikan taman pengingat (memorial park), untuk mengenang para korban bencana.

Menteri ESDM Ignasius Jonan menilai dalam upaya pemulihan ini perlu kerja sama semua pihak. Tujuannya untuk menginformasikan secara utuh peta kebumian di Indonesia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...