Impor Tinggi, Neraca Dagang September Diramal Kembali Defisit

Michael Reily
12 Oktober 2018, 17:45
Pelabuhan Ekspor
Agung Samosir|KATADATA

Neraca perdagangan pada September 2018 diperkirakan kembali akan melanjutkan tren defisit dari bulan sebelumnya. Menurut analis, selain dipicu oleh situasi global, defisit neraca dagang juga diperkirakan masih akan terjadi seiring dengan meningkatnya impor minyak dan pangan. 

Ekonom Maybank Indonesia Myrdal Gunarto menyatakan neraca dagang September tidak akan bergerak signifikan dibandingkan bulan lalu. “Kelihatannya masih defisit karena impor minyak, pangan, dan bahan baku infrastruktur masih cukup tinggi seperti bulan sebelumnya,” kata Myrdal kepada Katadata.co.id, Jumat (12/10).

Advertisement

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Perdagangan, Kementerian Perdagangan, Kasan, mengungkapkan bahwa kemungkinan defisit maish akan tetap terjadi, tetapi untuk neraca dagang nonmigas diperkiran bisa surplus. Menurutnya, impor akan mengalami penurunan karena beberapa kebijakan pemerintah seperti PPh impor barang konsumsi dan mandatori B20.

(Baca: Defisit Neraca Migas Agustus Membengkak dan Terbesar Sejak Awal Tahun)

Meski begitu, Kasan mengaku kemungkinan penurunan impor, terutama migas, belum cukup signifikan tanpa merinci megenai potensi besaran penurunan impor. “(Penurunan impor) Diperkirakan mampu memperbaiki sedikit defisit neraca perdagangan,” ujar Kasan.

Sedangkan terkait ekspor pada September 2018, Kementerian Perdagangan optimistis akan ada  peningkatan dibandingkan volume dan nilai ekspor September 2017. Namun, ekspornya masih tetap  stagnan jika dibandingkan nilai dan volume ekspor pada bulan sebelumnya.

Sebelumnya, neraca perdagangan Indonesia pada Agustus kembali mengalami defisit untuk keenam kalinya sepanjang 2018. Nilai impor yang masih relatif tinggi belum mampu diimbangi dengan peningkatan kinerja ekspor sehingga secara bulanan membuat neraca perdagangan pada Agustus kembali defisit US$ 1,02 miliar.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement