Bank Dunia Umumkan Bantuan Rp 15 Triliun untuk Palu dan Lombok

Michael Reily
14 Oktober 2018, 13:00
Gempa Palu
Biro Pers Istana

Bank Dunia mengumumkan bantuan hingga US$ 1 miliar atau sekitar RP 15 triliun untuk rekonstruksi wilayah yang terdampak bencana di Lombok dan Sulawesi Tengah, termasuk Palu dan Donggala. Pendanaan bakal tersedia sesuai permintaan Indonesia dengan hibah awal sebesar US$ 5 juta atau Rp 75 miliar untuk perencanaan rekonstruksi.

Chief Executive Officer Bank Dunia Kristalina Georgieva menyatakan turut berduka cita setelah melihat kerusakan dan mendengar cerita korban saat mengunjungi Palu bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla, Jumat lalu. Instansinya kemudian menyiapkan pendanaan sebagai bentuk dukungan komprehensif bagi Indonesia.

"Cara terbaik untuk mengenang para korban adalah dengan membangun kembali secara lebih seksama," kata Georgiva dalam keterangan resmi dari Nusa Dua, Bali, Minggu (14/10).

Bantuan dari Bank Dunia akan mencakup transfer tunai kepada 150 ribu keluarga miskin yang terdampak dalam jangka waktu enam bulan hingga satu tahun. Sistem keamanan sosial menjadi skema untuk mendukung ekonomi lokal dalam fase pemulihan. Bantuan ini juga diharapkan dapat menghindarkan rakyat miskin dari kerusakan ekonomi yang lebih parah.

Pendanaan dari Bank Dunia juga dapat digunakan untuk membangun kembali fasilitas publik seperti rumah sakit, sekolah, jalan, jembatan, hingga sarana irigasi. Selain itu, Bank Dunia berharap ada perbaikan dalam sistem peringatan dini bencana, serta rekonstruksi perumahan dan fasilitas pendukungnya.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...