CIMB Niaga Tawarkan Obligasi dan Sukuk Rp 600 Miliar

Image title
15 Oktober 2018, 19:48
CIMB Niaga.jpg
Arief Kamaludin|KATADATA

PT CIMB Niaga Tbk (BNGA) menawarkan Sukuk Mudharabah Berkelanjutan I Bank CIMB Niaga Tahap I Tahun 2018 dan Obligasi Subordinasi III Bank CIMB Niaga Tahun 2018 dengan target dana Rp 600 miliar. Dana hasil penerbitan sukuk ini akan digunakan untuk mendukung penyaluran pembiayaan Unit Usaha Syariah CIMB Niaga.

Presiden Direktur CIMB Niaga Tigor M Siahaan mengatakan, Sukuk Mudharabah Berkelanjutan I Tahap I diterbitkan dengan nilai pokok Rp 500 miliar. Sukuk ini merupakan bagian dari Penawaran Umum Sukuk Mudharabah Berkelanjutan I Bank CIMB Niaga dengan target dana Rp 4 triliun.

"Setelah dikurangi biaya emisi, seluruh dana akan digunakan untuk penyaluran pembiayaan syariah," kata Tigor saat paparan publik di Graha CIMB Niaga, Jakarta, Senin (15/10).

Sukuk tersebut ditawarkan dengan beberapa tenor dan kupon yang berbeda. Seri A dengan tenor 370 hari menawarkan imbal hasil di kisaran 7,60%-8,60%. Untuk seri B dengan tenor 3 tahun, imbal hasil yang ditawarkan sebesar 8,60%-9,60%. Sementara itu, sukuk seri C memiliki tenor 5 tahun dengan imbal hasil 8,75%-9,75%. Pembayaran kupon imbal hasil akan dilakukan setiap tiga bulan sekali.

PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) memberikan peringkat idAAA (syariah) kepada Sukuk Mudharabah CIMB Niaga. Dengan begitu, Tigor berharap pasar bisa menyambut baik aksi korporasi ini. "Selain untuk alternatif pendanaan, kami juga ingin terus meningkatkan awareness masyarakat di Tanah Air terhadap CIMB Niaga Syariah," kata Tigor.

(Baca: Bank Indonesia Meluncurkan Surat Utang Syariah Berbasis Wakaf)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...