Teka-teki Penulis Pidato Game of Thrones Jokowi

Penulis: Desy Setyowati

Editor: Pingit Aria

15/10/2018, 10.26 WIB

Ada yang menyebut nama Sri Mulyani dan Tom Lembong.

Jokowi
Katadata/Arief Kamaludin
Presiden Joko Widodo dalam Pertemuan Tahunan IMF-World Bank Group 2018, di Nusa Dua,Bali, Kamis, (11/10)

Pidato Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menganalogikan persoalan dunia dengan jalan cerita “Game of Thrones” mendapat sambutan khalayak. Tapi, siapakah penulis pidato yang dibacakan dalam pertemuan tahunan Dana Moneter Internasional (IMF)-Bank Dunia itu?

Ada yang menyangka Menteri Keuangan Sri Mulyani bertanggung jawab atas pidato yang mendapat standing ovation tersebut. "Semua bertanya siapa yang menulis. Apakah saya? Tidak, saya tidak punya imajinasi seperti itu," kata dia di Bali Internasional Convention Center, Bali, Minggu (14/10). Ia menambahkan, “Semestinya itu Pak Jokowi sendiri.”

Menurutnya, sambutan itu telah menyentuh hati peserta sidang. Sebab, idiom yang diambil Jokowi dari serial Game of Thrones yakni 'Winter is Coming' sangat relevan untuk menggambarkan tantangan ekonomi global saat ini.

Ia mencontohkan, perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok dan pengetatan kebijakan moneter memang memberi dampak negatif bagi perekonomian global. Pertarungan kedua raksasa ekonomi ini oleh Jokowi dalam pidatonya diibaratkan sebagai perebutan kekuasaan antara Great Houses di Game of Thrones.

"Selama 13 tahun saya mengikuti Sidang Tahunan IMF-Bank Dunia, belum pernah saya mendengar (sambutan) dari tuan rumah yang begitu sederhana, fokus, dan relevan. Juga ada efek 'wow' di situ yang sungguh luar biasa," ujarnya.

(Baca juga: Pidato Lengkap Jokowi yang Menyedot Perhatian di Sidang IMF-Bank Dunia)

Hal senada juga dinyatakan oleh Staf Khusus Presiden Johan Budi. Menurutnya, pidato itu, "Idenya memang ada sebagian dari Presiden."

Hanya, ia juga mengakui bahwa ada tim yang bekerja dalam penyusunan pidato itu. “Pak Jokowi yang punya ide kreatif dan diterjemahkan dengan tim pembuat pidatonya, tetapi saya tidak tahu siapa,” ujarnya.

Sementara, seorang sumber Katadata yang lain mengungkapkan bahwa pembuat pidato itu adalah Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Trikasih Lembong. Ini juga bukan kali pertama Lembong terlibat dalam pembuatan pidato ekonomi Jokowi.

Sumber tersebut juga menyebut Lembong sebagai penulis pidato Jokowi dalam World Economic Forum (WEF) on ASEAN bulan lalu di Hanoi. Tak kalah populer dengan Game of Thrones, saat itu Jokowi mengutip perjuangan The Avengers yang bersatu melawan Thanos. “Itu juga dari Pak Tom,” ujarnya. Hanya, Lembong tak menjawab saat dikonfirmasi.

Yang pasti, pidato Jokowi telah memukau Managing Director IMF Christine Lagarde dan Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim. "Presentasi yang hebat dari Presiden Jokowi yang betul-betul membuat semua orang terkagum-kagum untuk penciptaan dan masa depan Indonesia," kata Lagarde. Menurutnya, sambutan itu akan sulit terlupakan.

Tak jauh berbeda, Kim menyampaikan bahwa sambutan Presiden Jokowi sangat luar biasa. "Tidak ada hal yang begitu berkesan selain yang disampaikan Presiden Jokowi. Tidak ada yang tahu kapan 'Winter is Coming'," kata dia.

Reporter: Desy Setyowati dan Ameidyo Daud

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

VIDEO PILIHAN