Sewindu Beroperasi, Path Resmi Tutup Hari Ini

Desy Setyowati
18 Oktober 2018, 09:44
1.Miripnya-Logo-Path-dan-Pininterest.1.jpg
KATADATA

Jejaring sosial Path resmi tutup pada hari ini, Kamis (18/10). Pengumuman ini pun sudah disampaikan Path sejak sebulan lalu, sehingga ada waktu bagi pengguna untuk menyalin data-datanya. Per hari ini, data-data pengguna yang pernah dibagikan ke media sosial itu tak lagi dapat disalin.

"Dengan berat hati kami mengumumkan bahwa kami berhenti menyediakan layanan yang kami cintai, Path," tulis Path dalam blognya, 17 September 2018 lalu.

Kendati sudah pamit, pengguna masih bisa membuka aplikasi ataupun situs Path. Pengguna juga masih bisa meninggalkan komentar. Hanya, aplikasinya sudah tidak bisa diunduh baik di Google Play Store atau Apple App Store sejak awal Oktober 2018. Pada 15 November 2018, Path benar-benar tidak akan bisa dibuka baik di aplikasi ataupun situs.

Dalam pernyataannya, Path menyampaikan bahwa perusahaan ini dibangun dengan tim kecil yang terdiri dari para desainer dan insinyur. "Selama bertahun-tahun kami mencoba untuk menjalankan misi kami, yakni merancang teknologi dan desain Path sebagai sumber kebahagiaan, makna, dan koneksi ke pengguna kami," demikian dikutip.

(Baca juga: Jumlah Data Akun Facebook yang Bocor 29 Juta, Bukan 50 Juta)

Dave Morin, Shawn Fanning, dan Dustin Mierau membangun Path pada November 2010. Saat itu, ketiganya menggalang dana senilai US$ 2,5 juta untuk mendirikan Path. Pada Februari 2011, Google berencana mengakuisisi Path senilai US$ 100 juta. Namun, tawaran itu ditolak oleh ketiganya.

Path merupakan media sosial yang fokus pada pertemanan terbatas. Awalnya, Path membatasi perkawanan pengguna hanya dengan 50 orang, namun Path kemudian menambahnya menjadi 150 orang pada 11 November 2011.

Kesan eksklusif itulah yang membuat peminat Path meningkat. Alhasil, aplikasi Path pernah diunduh 1 juta kali dalam kurun waktu 18 hari pada 11 Desember 2011.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...