Sejumlah 15 Desainer Grafis Lolos Program Orbit Bekraf

Dini Hariyanti
22 Oktober 2018, 11:13
Batik Vi
Katadata/Desy Setyowati
Batik Vi ketika mengikuti pameran bertajuk \'Karya Kreatif Indonesia 2018\' di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Kamis (20/7).

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) memutuskan sebanyak 15 desainer grafis yang lolos seleksi tahap akhir program Orbit 2018. Total partisipan mencapai 229 orang lantas diseleksi menjadi 30 finalis dan akhirnya diperoleh 15 desainer.

Wakil Kepala Bekraf Ricky Joseph Pesik mengatakan, belasan desainer tersebut mendapatkan sertifikat penghargaan dan difasilitasi paten hak kekayaan intelektual (HKI). Selain itu, mereka juga akan mendapatkan pendampingan lebih lanjut.

"Sejumlah 15 desainer ini turut serta dalam program pengembangan kapasitas pada 2019, baik di dalam maupun luar negeri," katanya melalui keterangan resmi yang diterima Katadata.co.id, Senin (22/10).

(Baca juga: Pacu Ekspor, Bekraf Minta Industri Kreatif Pantau Tren Konsumen Global)

Guna mengikuti Orbit 2018 maka ratusan desainer grafis yang mendaftarkan diri wajib terlebih dulu mengirimkan karya unggulannya disertai protofolio dan rekam jejak. Tapi, penilaian kurator tidak hanya mencakup tiga aspek ini.

Ricky menjelaskan, tidak cukup hanya dari karya kreatif semata. Penilaian juga mempertimbangkan perilaku dalam berprofesi. Misalnya, seberapa desainer peduli terhadap isu sosial, budaya, dan lingkungan. Mereka juga harus mampu memonetisasi karyanya.

(Baca juga: "Keganjilan Teknologi" Diproyeksi Jadi Tren Ekonomi Kreatif 2019-2020)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...