BMKG Pastikan Kondisi Cuaca Baik saat Lion Air JT 610 Lepas Landas

Dimas Jarot Bayu
29 Oktober 2018, 19:53
Lion Air
Arief Kamaludin|KATADATA

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memastikan kondisi cuaca sepanjang rute penerbangan pesawat Lion Air JT 610 Jakarta-Pangkal Pinang terpantau baik. Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan menjelang lepas landas tidak terindikasi kondisi cuaca yang signifikan.

Ketika itu, arah angin bervariasi selatan - barat dengan kecepatan yang relatif lemah. Awan-awan yang tumbuh di sekitar lokasi kejadian pun berjenis cumulus, bukan cumulonimbus (Cb). (Baca: Lion Air JT-610 Sempat Minta Kembali ke Bandara Soekarno Hatta).

Advertisement

Alhasil, awan tersebut tak membahayakan bagi penerbangan. “Memang berawan namun tidak ada awan jenis Cb. Kalaupun terdeteksi kami pasti akan memberikan peringatan,” kata Dwikorita dalam keterangan tertulisnya, Senin (29/10).

Pihaknya telah memberikan informasi cuaca sebelum pesawat terbang. Informasi yang diberikan meliputi cuaca di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten dan Bandara Depati Amir, Pangkal Pinang, Bangka Belitung.

Informasi prakiraan cuaca itu berdasarkan citra satelit, citra radar, maupun pengamatan cuaca Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten menggunakan Automatic Weather Observation System (AWOS). “Informasi tersebut berisi arah angin dan kecepatannya, jarak pandang, suhu, tekanan, dan lain sebagainya,” kata Dwikorita. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement