Usai Kunjungan ke Jepang, Pemerintah-Inpex Percepat Proyek Masela

Anggita Rezki Amelia
29 Oktober 2018, 21:11
Rig
Katadata

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan Inpex Corporation sepakat untuk mempercepat pengembangan Blok Masela. Ini merupakan tindaklanjut dari kunjungan Kementerian ESDM bertemu manajemen Inpex beberapa waktu lalu.

Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM Djoko Siswanto menargetkan persetujuan proposal pengembangan (Plan of Development/PoD) Blok Masela bisa diberikan tahun ini. Sedangkan, Inpex berjanji mengajukan PoD secepatnya. "Inpex janji cepat mengajukan yakni bulan depan, " kata dia di Jakarta, Senin (29/10).

Selain mempercepat pengembangan Blok Masela. Pemerintah juga memberikan tambahan kontrak ke Inpex selama tujuh tahun.

Perpanjangan itu diberikan karena adanya perubahan skema pengembangan. Awalnya, Inpex Corporation, mengajukan pengelolaan menggunakan skema kilang apung di laut. Sedangkan pemerintah memutuskan menggunakan skema kilang di darat. “Tujuh tahun sudah kami berikan," kata Djoko.

Penambahan tujuh tahun masa kontrak itu tidak memerlukan aturan baru. Susyanto yang sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Direktorat Jenderal Migas Kementerian ESDM pernah mengatakan pemberian kompensasi selama tujuh tahun itu sudah diatur dalam Undang-undang Migas, khususnya pasal 39 ayat 1 huruf b. “Tidak perlu aturan baru. Itu diskresi Menteri,” kata dia di Jakarta, Senin (23/10/2017).

Tah hanya itu, Inpex juga sudah bisa mengajukan perpanjangan kontrak untuk Blok Masela. Pengajuannya baru bisa dimulai pada 28 November mendatang, sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 35 tahun 2004. Aturan itu menyebutkan kontrak dapat diperpanjang paling lama 20 tahun untuk satu kali perpanjangan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...