Blusukan ke Pasar Anyar Tangerang, Jokowi Sebut Harga Pangan Stabil

Ameidyo Daud Nasution
5 November 2018, 12:40
Jokowi di Pasar Anyar
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Presiden Joko Widodo (tengah) membeli tempe saat meninjau Pasar Anyar, Tangerang, Banten, Minggu (4/11/2018).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar kunjungan kerja ke Provinsi Banten sepanjang akhir pekan lalu.  Jokowi mengunjungi  kawasan Pasar Anyar, Tangerang, guna memeriksa langsung beberapa harga kebutuhan pokok ke pedagang pasar.

Mantan walikota Solo pada Minggu (4/11) pagi memulai kegiatan blusukan ke sejumlah lapak  pedagang sayuran, buah-buahan, ayam, telur, hingga daging. Jokowi sesekali berbincang dengan para pedagang dan bertanya mengenai kondisi harga di pasar apakah sejalan dengan inflasi 3,5%.

"Setelah cek semua stabil," katanya  seperti yang dikutip dari keterangan resmi Sekretariat Presiden, Senin (5/11). (Baca: Ke Pasar Bogor, Jokowi Pastikan Harga Bahan Pangan Stabil)

Berdasarkan pengamatannya, beberapa barang  dinilai mengalami penurunan harga , seperti  telur dari Rp30 ribu per kilogram menjadi Rp20 sampai Rp 22 ribu per kilogram., demikian juga dengan harga beras yang bervariasi antara Rp8 ribu sampai Rp12 ribu, tergantung kualitas. Sementara tempe harganya stabil di Rp5 ribu.

"Beli semuanya. Beli petai, tempe, tahu, ikan. Daging Rp120 ribu. Melinjo, cabai Rp30 ribu, padahal kalau naik bisa Rp80 ribu," lanjutnya.

Menurut Presiden, fluktuasi harga di pasar adalah hal yang biasa. Ia pun berharap tidak ada pihak-pihak yang mengatakan hal yang sebaliknya dengan kondisi harga sebenarnya di pasar.

 "Jadi kalau ke pasar lihat fakta yang ada, sampaikan apa adanya," kata dia.

Selain harga, Jokowi juga menyoroti mengenai kondisi pasar yang harus tertata, bersih, tidak becek, tidak berbau, dan memiliki tempat parkir.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...