PLTB Tolo Akan Selesai Lebih Cepat dari Target

Image title
6 November 2018, 20:22
Pembangkit tenaga angin
YOUTUBE
ilustrasi

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memperkirakan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) Tolo akan selesai lebih cepat dari target. Perkiraan ini berdasarkan progress pembangunan proyek pembangkit yang berada di Kecamatan Binamu, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan.

Pembangunan PLTB Tolon saat ini mencapai 97%. Artinya dari 20 turbin pembangkit tenaga angina (Wind Turbine Generator/WTG) yang direncanakan, 17 WTG telah terpasang. Menara kontrol dan sistem keamanan pun telah selesai konstruksi.

Mengacu perkembangan tersebut, PLTB Tolo ditargetkan beroperasi komersial (Commercial Operation Date/COD) pada akhir tahun 2018. Ini lebih cepat dari target tahun depan.

Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar mengatakan pembangunan PLTB Tolo ini sesuai dengan visi pemerintah ke depan yakni energi baru terbarukan (EBT) dan tidak boleh terus bergantung pada energi fosil.

Pembangunan PLTB ini akan memperkuat pasokan listrik nasional. “Cadangan atau reserve margin listrik kami diupayakan lebih dari 30% persen," kata Arcandra berdasarkan keterangan resminya, Selasa (6/11).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...