JD.ID, Lazada dan Shopee Dominasi Pesta Online 11.11 di Indonesia

Desy Setyowati
13 November 2018, 09:25
Lazada
LAZADA

Pesta diskon 11.11 telah berlalu dengan capaian gemilang. Jika Alibaba mendominasi Tiongkok, di Indonesia ada beberapa e-commerce, seperti Sopee, JD.Com dan Lazada bersaing ketat.

JD.Com yang merupakan pesaing Alibaba di Tiongkok, membukukan volume transaksi ¥ 159,8 miliar atau sekitar Rp 340 triliun selama 1-11 November 2018. Nilai tersebut lebih tinggi dibanding capaian pada periode Single’s Day tahun lalu yang sebesar Rp 283,1 triliun. Setidaknya, lebih dari 400 juta produk terjual selama periode tersebut.

Di Indonesia, anak usaha JD.Com, PT Jingdong Indonesia Pertama atau JD.ID mencatat pesanan naik 845% pada 11 November dibanding hari biasanya. "Pada kemeriahan festival belanja ini, seluruh karyawan JD.ID dari staf hingga jajaran manajemen turun langsung melayani pelanggan," ujar CEO JD.ID Zhang Li dalam siaran pers, Senin (12/11).

Lima kategori produk yang paling banyak dibeli adalah groceries; kesehatan; ponsel pintar (smartphone) dan tablet; aksesoris; produk ibu, bayi & anak. Adapun kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) mencatatkan penjualan tertinggi di Indonesia. Sementara waktu yang paling ramai transaksi adalah pukul 9 malam.

(Baca juga: Menakar Peluang UKM Melipat Untung di Pesta Diskon Akhir Tahun)

Pada festival 11.11 tersebut, JD.ID menggelar promo seperti JD  Half atau diskon 50%, JD99 untuk harga serba Rp 99 ribu, dan JD Golden Ticket untuk kesempatan membeli produk bermerk seharga Rp 111 ribu saja.

Sementara itu, Lazada juga mencetak rekor yakni lebih dari 20 juta pembeli di Asia Tenggara pada 11 November 2018. "Festival Belanja 11.11 Lazada tahun ini merupakan kesuksesan besar dan ini merupakan awal," ujar CMO Lazada Indonesia Monika Rudijono.

Lazada telah memastikan rencana pesta diskon akhir tahun pada 12 Desember 2018 mendatang. Di Indonesia, pesta diskon 12.12 dikenal sebagai Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas).

Ia mencatat, pembeli di Asia Tenggara memanfaatkan lebih 50 juta voucher melalui fitur Shake It, Slash It, Wonderland, kampanye dan promo marketing di hari tersebut.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...