Kembangkan Startup Digital, XL Axiata Bangun Laboratorium IoT

Desy Setyowati
13 November 2018, 18:05
XL Axiata.jpg
KATADATA/

Perusahaan telekomunikasi PT XL Axiata Tbk meluncurkan laboratorium Internet of Things (IoT) yang diberi nama X-Camp. Laboratorium ini memiliki empat fungsi, yang salah satunya sebagai wadah untuk inkubasi bisnis startup.

Direktur Teknologi XL Axiata Yessy D Yosetya mengatakan, X-Camp bisa menjadi tempat bagi startup mengembangkan ide dan memverifikasi produknya sebelu dilempar ke pasar. Lewat X-Camp, startup juga bisa melakukan pendekatan dengan perusahaan yang sudah berkembang.

Advertisement

Salah satu yang sudah dikembangkan oleh XL Axiata adalah smart ternak di Majalengka. "Kami berikan sensor atau device di leher sapi supaya bisa memonitor kesehatan ternak. Sebab, tantangan bagi peternak adalah bila sapinya mati," kata Yessy di kantornya, Jakarta, Selasa (13/11).

Nantinya, data yang diperoleh menggunakan teknologi IoT ini akan dikirim ke cloud. Data tersebut bisa dikelola sebagai bahan bagi peternak supaya bisa beternak sapi secara tepat. "Mereka bisa melakukan tindakan yang diperlukan dengan cepat," ujarnya.

Manfaat lainnya, adalah untuk pengembangan bisnis bersama. Misalnya, XL Axiata turut menyediakan IoT di sepeda kayu garapan startup Kayuh. Lewat IoT, Kayuh bisa memantau penggunaan sepedanya melalui ponsel pintar. Begitu pun dengan pengguna bisa menyewa sepeda Kayuh secara otomatis menggunakan smartphone.

Selain itu, X-Camp diharapkan bisa memberi edukasi kepada masyarakat mengenai IoT. Untuk itu, XL Axiata melalui X-Camp juga menggandeng empat perguruan tinggi yakni Universitas Gadjah Mada (UGM), Politeknik Negeri Semarang, Universitas Brawijaya Malang; dan, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya. "Fungsi terakhir adalah untuk membangun kerja sama," kata dia.

(Baca juga: Telkomsel dan Indosat Bersaing Kembangkan Internet of Things)

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement