Telkomsel dan Indosat Bersaing Kembangkan Internet of Things

Desy Setyowati
25 Juli 2018, 11:49
Telkomsel telekomunikasi
Arief Kamaludin | Katadata

Internet of Things (IoT) kian diminati banyak perusahaan agar saling terhubung, sehingga siap menghadapi era industri 4.0. Sebagai perusahaan telekomunikasi, PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) dan PT Indosat Tbk pun fokus mengembangkan IoT.

Telkomsel meluncurkan program Telkomsel Innovation Center (TINC), hari ini. Program ini merangkum berbagai kegiatan untuk membentuk ekosistem IoT di Indonesia, seperti penyediaan laboratorium, mentoring, bootcamp bersama para ahli, dan akses keterhubungan bagi para startup, developer, serta system integrator dengan pelaku industri terkait.

Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah menjelaskan, IoT bisa menghubungkan banyak sektor sehingga produktivitas meningkat dan tercipta efisiensi. "Fokusnya ke solusi kehidupan sehari-hari dan meningkatkan produktivitas. Kami harap para pelaku ikut berinvestasi (di bidang IoT)," ujarnya di sela-sela Konferensi IoT di Balai Kartini, Jakarta, Rabu (25/7).

Menurutnya, perlu kolaborasi untuk mengembangkan ekosistem IoT. Melalui program ini, Telkomsel menargetkan bisa menjadi wadah bagi ratusan inovator nasional. Setidaknya, selama setahun berjalan, kolaborasi ini bisa menghasilkan berbagai solusi bisnis berbasis Narrowband Internet of Things (NB-IoT). 

(Baca juga: Uang Elektronik TCash Kini Terbuka bagi Semua Operator)

Vice President Corporate Planning Telkomsel Andi Kristianto menambahkan, peluncuran program TINC merupakan salah satu langkah transformasi digital Telkomsel. "Kami harap tercipta ekosistem IoT yang matang, sehingga mendukung terciptanya produk siap pakai yang juga layak jual secara bisnis bagi masyarakat," kata dia.

Adapun solusi IoT yang sudah melewati masa inkubasi, antara lain bike sharing di Universitas Indonesia (UI) yang merupakan hasil kolaborasi bersama Banopolis; automatic fish feeder dengan adanya aqua culture solution bagi petani dan petambak di berbagai daerah di Indonesia hasil kolaborasi bersama eFishery; dan, smart bin waste management system bersama Danone dan Alfamart.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...