Blok Makassar Strait dan Selat Panjang Dilelang Ulang Tahun Ini

Anggita Rezki Amelia
15 November 2018, 13:15
Rig
Katadata

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan melelang ulang Blok Makassar Strait di Kalimantan Timur dan Blok Selat Panjang di Jambi tahun ini. Kedua blok ini sempat dilelang pada Agustus lalu, tapi tak mendapatkan pemenang.

Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar mengatakan saat ini masih menyelesaikan sejumlah hal teknis sebelum melelang dua blok tersebut. "Saya usahakan tahun ini dilelang khusus," kata dia di Jakarta, Kamis (15/11).

Advertisement

Masalah teknis di Blok Makassar Strait adalah pemisahan dengan Proyek Ultra Laut Dalam (Indonesian Deepwater Development/IDD). Proyek IDD ini dikelola Chevron Indonesia.

Blok Makassar Strait ini dikelola Chevron Indonesia ini memang masuk dalam Proyek IDD. Namun, Kementerian ESDM meminta agar Blok Makassar Strait dikeluarkan dari Proyek IDD. Alasannya, supaya biaya lebih efisien.

Akan tetapi, perusahaan asal Amerika Serikat itu menilai blok tersebut tidak ekonomis apabila tidak digabung dengan Blok Rapak dan Ganal dalam Proyek IDD. Akhirnya, Chevron Indonesia tidak melanjutkan kontrak Blok Makassar Strait.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement