KKP Siap Bangun 19 Pusat Penyuluhan Perikanan Budidaya

Michael Reily
15 November 2018, 12:07
Pusat Perikanan Nasional
ANTARA FOTO/M Agung Rajasa
Ikan Napoleon (Chielinus Undulatus) berada di keramba di pulau Sedanau, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, Kamis (3/8).

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) akan membangun pusat penyuluhan untuk diskusi dan pertukaran informasi pengembangan perikanan budidaya di 19 kabupaten/kota. Sarana komunikasi tentang teknologi dan pasar itu bernama bale Kartu Pelaku Usaha Bidang Kelautan dan Perikanan (Kusuka).

Direktur Jenderal Perikanan Budidaya KKP Slamet Soebjakto berharap ada interaksi intens antara pelaku budidaya, pemerintah, dan penyuluh untuk kemajuan sektor perikanan. "Bale Kusuka didirikan berdasarkan kesepakatan kelompok pelaku utama, penyuluh perikanan, dan dinas yang menangani pembangunan perikanan di Kabupaten/Kota," kata Slamet dalam keterangan resmi, Kamis (15/11).

Advertisement

(Baca: Susi Minta Eksportir Ikan Bisa Curi Kesempatan dari Perang Dagang)

Adapun 19 kabupaten/kota yang disasar KKP dalam program tersebut di antaranya adalah Agam, Pasaman, Banyuasin, Kota Prabumulih, Kampar, Kuantan Singingi, Muaro Jambi, Pangandaran, Indramayu, Pati, Kendal, Sukoharjo, Boyolali, Kulon Progo, Sleman, Lombok Tengah, Lombok Timur, Sambas, dan Parigi Moutong.

Pembangunan bale akan dilakukan dengan pola padat karya dengan pengelolaan oleh kelompok masyarakat yang memenuhi syarat. Sehingga, pusat penyuluhan bisa berjalan optimal sesuai fungsinya.

 Slamet juga  meminta dukungan dan peran aktif masyarakat dalam pelaksanaan dan pengelola agar sesuai yang diharapkan. Dinas Kelautan dan Perikanan di daerah nantinya juga akan membina, mengawasi, membimbing, dan mendampingi kelompok masyarakat dalam melakukan kegiatan serta menjadi pusat keramaian.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement