Metode untuk Menghitung Sendiri Valuasi Bisnis Startup

Dini Hariyanti
15 November 2018, 22:08
Katadata 6
Katadata

Perusahaan rintisan (startup) termasuk yang bergerak di industri kreatif perlu memperkirakan valuasi bisnisnya sendiri. Ada banyak cara untuk menghitung nilai bisnis startup, salah satu yang lazim ialah metode comparable.

Investment Officer Kejora Ventures Emil Reven menjelaskan, metode tersebut pada intinya adalah cara memvaluasi bisnis dengan mengasumsikan pada level harga berapa kelak investor mau membeli startup Anda.

Advertisement

"Kami, perusahaan modal ventura, percaya kalau pengusaha yang jago akan bertemu dengan investor yang jago pula. Perhitungan kami sebagai ventura, selain bisa menghasilkan uang, apalagi yang bisa dikasih (dari startup)," katanya kepada Katadata.co.id, Kamis (15/11).

(Baca juga: Kolaborasi Startup Tingkatkan Valuasi Bisnis Sampai 20 Kali Lipat)

Para perusahaan rintisan perlu memerhatikan beberapa hal pada saat menghitung valuasi bisnisnya dengan metode comparable. Hal-hal yang dimaksud, yakni mencari perusahaan serupa, menghitung rerata valuasi di industri terkait, barulah menentukan valuasi startup Anda.

Sebagai contoh, sebuah perusahaan rintisan bergerak di bidang e-commerce. Startup di kategori ini lazimnya memakai metrik utama gross merchandise value. GMV adalah total nilai penjualan seluruh barang di platform e-commerce selama kurun waktu tertentu.

Emil menyarankan, ketika membandingkan perusahaan sendiri dengan startup serupa, pilihlah perusahaan rintisan dalam tahap pendanaan yang sama. GMV maupun nilai valuasi startup lain tersebut bisa terlihat dari publikasi penggalangan dana yang mereka lakukan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement