Kolaborasi Startup Tingkatkan Valuasi Bisnis Sampai 20 Kali Lipat

Dini Hariyanti
1 November 2018, 16:07
Tech in Asia
Arief Kamaludin|KATADATA
Dalam forum ini, pelaku startup dapat memperkaya wawasan serta memperluas jaringan untung mendorong usahanya.

Perusahaan Investor Relation Altira berpendapat bahwa pengusaha rintisan perlu melakukan kolaborasi terutama dengan sesama startup. Sinergi dengan perusahaan yang memiliki fokus bisnis berbeda dapat membantu pengembangan bisnis masing-masing.

George E. Siregar selaku Direktur Pengembangan Bisnis dan Operasional Altira mengatakan, pihaknya berusaha menerapkan prinsip kolaborasi tersebut kepada para startup di Indonesia. Selain memperluas cakupan bisnis, kolaborasi juga membantu memperbesar skala bisnis mereka.

"Valuasi startup berbeda-beda yang kalau digabung untuk memroduksi suatu produk maka valuasinya bisa 20 kali lebih cepat. Kami menantang mereka untuk berkolaborasi," katanya kepada Katadata.co.id ditemui dalam Go Startup Indonesia Bootcamp, Jakarta, Kamis (1/11).

(Baca juga: Jajaki Pendanaan Baru, Valuasi Traveloka Ditaksir Capai Rp 61 Triliun

George mencontohkan, terdapat peluang kolaborasi Medis Online Indonesia (MOI) asal Medan dengan startup dari bidang usaha lain. MOI adalah perusahaan rintisan penyedia tenaga medis, khususnya bidan dan perawat, ke berbagai wilayah di Indonesia.

MOI dinilai dapat melakukan transfer pengetahuan kepada para bidan di berbagai tempat secara efisien. Caranya melalui kolaborasi dengan startup di bidang teknologi virtual reality (VR).

Guna memastikan tercapai kesamaan pengetahuan dan pemahaman di antara MOI dengan tenaga medis bersangkutan, proses pembelajaran dapat menggunakan perangkat VR. "MOI ini memberdayakan bidang agar bisa menjangkau seluruh Indonesia," tutur George.

(Baca juga: Sebelum Membuat Rencana Bisnis Pastikan Punya Tiga Hal Ini)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...