Pertamina Mulai Mengebor Blok Sanga-Sanga untuk Jaga Produksi

Anggita Rezki Amelia
19 November 2018, 11:16
Menembus Bumi Menjemput Energi (Rig On Shore Pertamina)
ANTARA FOTO/Dedhez Anggara
ilustrasi.

PT Pertamina (Persero) mulai mengebor satu sumur pengembangan di Blok Sanga-Sanga, Kalimantan Timur untuk memperbaiki tingkat produksi. Pengeboran sumur tersebut lebih cepat dari target yang dipatok perusahaan pelat merah itu, yakni Desember mendatang.

Direktur Pertamina Hulu Sanga Sanga (PHSS) Andi Wisnu mengatakan dari dua sumur pengembangan yang ditargetkan dibor tahun ini, baru satu sumur yang sudah berlangsung pengeborannya sejak 2 November 2018 lalu. Targetnya pengeboran selesai akhir bulan ini.

Advertisement

Setelah selesai, PHSS akan melanjutkan ke pengeboran sumur selanjutnya. "Rencana dua sumur. Satunya lagi di bulan Desember Insyaallah," kata Andi kepada Katadata.co.id, akhir pekan lalu.

Senior Vice President Upstream Strategic Planning and Operation Evaluation Pertamina Meidawati pernah mengatakan target produksi gas bumi Blok Sanga-Sanga dalam Rencana Kerja Anggaran (RKA) PHSS mencapai 75-110 juta kaki kubik per hari (MMscfd). Ini lebih tinggi dari target tahun ini yang hanya 80 MMscfd.

Berbeda dengan gas, target produksi yang dipasang Pertamina untuk minyak di Sanga-Sanga hanya berkisar 7 hingga 8 ribu barel per hari (bph). Angka tersebut lebih rendah dari target APBN 2018 yang dipatok 10 ribu bph.

Meidawati mengatakan alasan target produksi minyak lebih rendah karena cadangan di Blok Sanga-Sanga lebih banyak gas. "Kan reservoir gas," kata dia kepada Katadata.co.id, Senin (13/8).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement