Rig Keempat di Lepas Pantai Blok Mahakam Resmi Beroperasi

Arnold Sirait
22 November 2018, 19:11
Ambil Alih Lapangan Migas Blok Mahakam
Arief Kamaludin|KATADATA
ilustrasi.

PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM) resmi mengoperasikan rig bernama Hakuryu-14. Rig tersebut digunakan untuk mengebor lepas pantai Blok Mahakam, Kalimantan Timur.

Hakuryu-14 merupakan rig keempat yang digunakan untuk mengebor Blok Mahakam. Sebelumnya ada Rig Maera dan Yani untuk wilayah delta. Lalu, ada Rig Tasha untuk lepas pantai. Keempat rig tersebut akan menyelesaikan target mengebor 65 sumur di WK Mahakam sesuai Rencana Kerja dan Anggaran (Work Program & Budget/WP&B) 2018 (penyesuaian) yang telah disetujui oleh SKK Migas.

Adapun PHM mengoperasikan rig keempat ini mulai pekan kedua November 2018. Rig Hakuryu-14, akan segera dioperasikan di Lapangan Bekapai (sumur BG-21 dan BG-22), yang berada di perairan Selat Makassar. Pertamina akan mengebor enam sumur lagi di tiga lapangan lainnya.   

Rig Hakuryu-14 adalah milik PT Japan Drilling Indonesia, dan baru selesai dibangun tahun 2018 ini. Rig tersebut ditarik langsung dari galangannya di Singapura pada 31 Oktober 2018 lalu dan tiba di Balikpapan pada 12 November 2018.

Rig ini akan dioperasikan di Blok Mahakam selama setahun. Namun, ada opsi perpanjangan selama satu tahun.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...