Investasi Blok Kangean untuk Tahun Depan Stagnan

Image title
23 November 2018, 19:27
Rig Minyak
Katadata
ilustrasi

PT Energi Mega Persada Tbk (EMP) tidak mengubah besaran investasi untuk Blok Kangean, Jawa Timur. Perusahaan yang berafiliasi dengan Grup Bakrie ini tetap menetapkan investasi untuk tahun 2019 di blok tersebut US$ 200 miliar. Angka tersebut tidak jauh berbeda dengan tahun ini.

Chief Investor Relations EMP Herwin Wahyu Hidayat mengatakan dana itu akan digunakan untuk beberapa kegiatan yang bisa mempertahankan produksi. "Investasi masing-masing berbeda Kangean 200 juta dolar, itu sepenuhnya berasal dari dana internal," kata Herwin, di Jakarta, Jumat (23/11).

Advertisement

Beberapa kegiatan yang dilakukan tahun depan antara lain pengeboran sumur fase kedua di lapangan gas lepas pantai TSB fase dua, Lapangan Terang Sirasun Batur. Adapun, target produksi Blok Kangean tahun depan juga sama dengan saat ini yakni 101,8 juta kaki kubik gas per hari.

Direktur EMP Edoardus Ardianto menyatakan selama tahun 2018 produksi gas menurun. Sejak Januari hingga Oktober 2018, rata-rata produksi gas dari empat blok EMP sebesar 131 juta kaki kubik per hari (MMscfd), atau lebih rendah dari capaian tahun lalu sebesar 156 MMscfd.

Namun, perusahaan berupaya agar produksi bisa meningkat. “Oleh karena itu, fase kedua melakukan pengembangan di Lapangan Terang Sirasun Batur," kata Edoardus.

Selain Kangean, EMP memiliki aset lainnya. Salah satunya adalah Bentu yang terletak di Riau Sumatera. Kontrak di blok ini telah diperpanjang hingga tahun 2041. Semester I, rata-rata produksi 39 juta kaki kubik gas per hari. Cadangan P3 (harapan) 560 milyar kaki kubik gas. Tahun 2019, harapannya ada tambahan produksi sebesar 45 juta kaki kubik gas per hari dari tujuh sumur pengembangan di Lapangan Segat dan Segat Utara.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement