Kepala Daerah Minta Pemerintah Pusat Atasi Penurunan Harga Sawit

Image title
Oleh Ekarina
23 November 2018, 17:12
Buah Sawit
ANTARA FOTO/Akbar Tado
Pekerja memperlihatkan biji buah sawit di salah satu perkebunan sawit di Topoyo, Kabupaten Mamuju Tengah, Sulawesi barat, Sabtu (25/3). Menurut pedagang pengepul di daerah tersebut, harga sawit mengalami penurunan dari harga Rp1.400 menjadi Rp1.000 per kilogram akibat kualitas buah tidak terlalu bagus.

Beberapa gubernur  di wilayah Sumatera meminta pemerintah pusat memperhatikan dan mengatasi penurunan harga hasil pertanian dan perkebunan seperti sawit dan karet. Sebab, komoditas ke dua sektor tersebut masih menjadi penyumbang utama perekonomian di beberapa daerah di Sumatera.

"Kami minta pemerintah pusat dan dukungan gubernur se-Sumatera untuk mencari solusi karena harga sektor perkebunan dan pertanian itu saat ini anjlok," kata Wakil Gubernur Sumatera Selatan Mawardi Yahya seperti dikutip dari Antara di Palembang, Jumat (23/11).

Dia mengatakan, hampir sebagian besar provinsi di Sumatera masih mengandalkan sektor perkebunan dan pertanian dalam meningkatkan perekonomian daerah. Sehingga harga komoditas tersebut diharapkan selalu stabil.

(Baca: Tahan Pelemahan Harga CPO, Pemerintah Siapkan Dua Strategi Kebijakan)

Sawit dan karet misalnya, pendapatan di sektor tersebut umumnya menjadi penopang utama pendapatan daerah termasuk masyarakatnya.

Dengan kondisi  pelemahan harga seperti sekarang, maka dikhawatirkan akan mempengaruhi perekonomian masyarakat. Oleh karena itu  pihaknya mengusulkan dan minta dukungan Gubernur se-Sumatera supaya harga komoditi unggulan tersebut mengalami peningkatan.

Memang, lanjut Wagub, masih ada lagi dapat meningkatkan pendapatan daerah di Sumsel. Misalnya, melalui pengembangan Kawasan Ekomomi Khusus  (KEK) di areal Tanjung Api Api, Kabupaten Banyuasin. Program tersebut harus terus  didukung  pemerintah pusat dan daerah agar cepat terealisasi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...