Prabowo Minta Relawan Cek DPT dan Beri Sumbangan Dana Kampanye

Dimas Jarot Bayu
23 November 2018, 08:00
Pendaftaran Capres Cawapres Pilpres 2019
ARIEF KAMALUDIN | KATADATA
Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno (kanan), saat pendaftaran Capres, Jakarta, Jumat (10/08)

Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto meminta para relawannya memeriksa Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019 di masing-masing wilayahnya untuk memastikan mereka masuk dalam daftar tersebut. Prabowo juga mengimbau para relawan menyumbang dana untuk mendukung biaya kampanye.

Permintaan Prabowo itu disampaikan dalam acara deklarasi relawan nasional Prabowo-Sandiaga di Istora, Senayan, Jakarta, Kamis (22/11). Dalam acara tersebut, diperkirakan ada 3.000 lebih massa gabungan 296 kelompok dari 815 kelompok dan organisasi relawan pendukung Prabowo-Sandiaga. Relawan tersebut datang dari berbagai wilayah di Indonesia. Bahkan, ada pula relawan yang datang dari luar negeri, seperti Uni Emirat Arab, Australia, Timor Leste, hingga Malaysia.

"Kami minta bantuan tolong periksa DPT. Periksa di RW dan RT kalian masing-masing," kata Prabowo. Hal itu dilakukan untuk memastikan tak ada data identitas ganda dalam DPT di wilayah para relawan masing-masing. Pasalnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) hingga Selasa (20/11) masih menemukan adanya potensi data ganda dalam DPT sebesar 1,19 juta pemilih.

Ia pun meminta para relawannya untuk membantu menyumbang dana. Dana itu bakal digunakan Prabowo bersama Sandiaga Uno untuk berkampanye. Prabowo mengatakan, dirinya saat ini kekurangan dana. Hal serupa juga dialami oleh partai-partai dalam Koalisi Indonesia Adil dan Makmur yang mengusungnya. "Kami minta kerelaan yang mau bantu Rp 2.000, Rp 5.000, Rp 10.000, Rp 20.000, berapapun, nanti kami akan umumkan," kata Prabowo.

(Baca: Prabowo Sindir Elite Politik Kerap Bohong Soal Kondisi Indonesia)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...