Rintis Kerja Sama dengan Aljazair, Indofood Disebut Akan Bangun Pabrik

Michael Reily
23 November 2018, 14:33
pelabuhan-ekspor
KATADATA
pelabuhan-ekspor

Pemerintah tengah mengintensifkan peningkatan kerja sama di bidang investasi, perdagangan dan industri di Aljazair. Salah satu perusahaan yang disebut sedang menjajaki investasi adalah Indofood yang berencana membuka pabrik  di Aljazair sebagai hub pasar di Afrika Utara.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menyebut langkah Indofood  masuk ke Aljazair mengikuti dua perusahaan BUMN yang lebih dulu masuk ke Aljazair, yakni Pertamina dan Wijaya Karya (Wika).

"Saya meminta dukungan pemerintah Aljazair untuk memberikan perhatian khusus bagi investor Indonesia sehingga proses berjalan lancar," kata Enggar dalam keterangan resmi dari Aljazair, Jumat (23/11).

(Baca: Rintis Kerja Sama Dagang dengan Aljazair, RI Incar Pasar Ekspor CPO)

Enggar berharap dengan adanya kemudahan investasi di sana bisa ikut mendorong peningkatan ekspor bahan baku dari Indonesia ke Aljazair maupun dalam bentuk produk jadi. Sehingga, pengiriman tenaga kerja profesional ke benua Afrika juga akan bertambah.

Beberapa sektor prioritas lain yang memiliki potensi dikebangkan di negara tersebut di antaranya adalah pengolahan pangan dan tekstil. 

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...