Pertamina Akan Bangun SPBU di Empat Tol Milik Jasa Marga

Image title
26 November 2018, 19:08
Pertamina
Pertamina
SPBU

PT Pertamina (Persero) menggandeng PT Jasa Marga (Persero) untuk membangun Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di beberapa tempat peristirahatan dan pelayanan (TIP) atau rest area. Setidaknya, SPBU itu dibangun di empat ruas jalan tol.

Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Pemasaran Ritel Pertamina Mas’ud Khamid dan Direktur Operasi I Jasa Marga Mohammad Sofyan. Kemudian, disaksikan Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati dan Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani, di Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (26/11).

Penandantanganan juga dihadiri Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno. Lalu ada pejabat Kementerian BUMN, seperti Imam Apriyanto Putro, Fajar Harry Sampurno, Aloysius Kiik Ro, dan Wahyu Kuncoro.

Sekretaris Menteri BUMN Imam Apriyanto Putro mengatakan dengan kerja sama ini harapannya bisa memenuhi kebutuhan Bahan Bakar Minyak (BBM) di jalan tol. “Pertamina dengan Jasa Marga dalam rangka kerja sama dalam meramaikan jalan, kedua memenuhi kebutuhan bahan bakar," kata, di Jakarta, Senin (26/11).

Menurut Menteri BUMN Rini Soemarno, konektivitas jalan tol memiliki peranan penting dalam upaya merangsang pertumbuhan ekonomi daerah dan ekonomi nasional. Untuk menunjang hal itu, kehadiran rest area dan SPBU termasuk jaminan pasokan, sangat penting dalam rangka melayani kebutuhan BBM pengguna jalan tol.

Selain itu, kehadiran rest area harus bisa menjadi wadah menggeliatkan perekonomian dengan memprioritaskan zona berdagang untuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) milik masyarakat setempat. “Diharapkan rest area yang dilengkapi dengan SPBU ini bisa segera terbangun agar masyarakat bisa lebih nyaman saat melintas di jalan tol,” kata Rini.

SPBU ini nantinya akan dibangun di empat jalan tol. Pertama, Jalan Tol Solo-Ngawi Seksi Sragen-Ngawi sepanjang 51 kilometer yang siap dioperasikan. Kedua, PT JMP masing-masing mengelola dua unit TIP tipe A di Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (Sumatera Utara). Ketiga, Jalan Tol Balikpapan-Samarinda (Kalimantan Timur). Keempat, Jalan Tol Manado-Bitung (Sulawesi Utara).

Direktur Operasi I Jasa Marga Mohammad Sofyan mengatakan Jasa Marga Properti tahun ini akan membangun 25 TIP di seluruh ruas tol yang dikelola Jasa Marga dan kelompok usahanya. ‘25 unit yang dibangun merupakan rest area tipe A, dimana keberadaan SPBU menjadi salah satu indikatornya," ujar dia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...