Perencana Keuangan Rekomendasikan Investasi Reksadana bagi Milenial

Dini Hariyanti
29 November 2018, 16:06
Pialang tengah memantau pergerakan pasar modal.
Arief Kamaludin|KATADATA

Reksadana menjadi instrumen investasi yang direkomendasikan perencana keuangan untuk kalangan milenial tak peduli profesinya, karyawan maupun pebisnis. Selain mudah dibeli dan dicairkan, jangka waktunya juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Financial Trainer dan Pendiri QM Financial Ligwina Hananto mengatakan, pemilihan jangka waktu investasi harus sejalan dengan tujuan alokasi keuangan masing-masing orang. Reksadana direkomendasikan untuk milenial juga karena instrumen ini dikelola profesional.

Advertisement

"Sebelum memulai investasi, tetapkan tujuan keuangan dulu setelah itu atur penghasilan dengan baik," tuturnya ditemui usai jumpa pers Tomorrow Today Fund Festival, di Jakarta, Kamis (29/11).

(Baca infografik: Rencanakan Masa Depan dengan Investasi)

Sebelum memutuskan untuk berinvestasi, perlu memerhatikan beberapa hal dasar dalam pengelolaan keuangan. Pertama ialah membiasakan diri mencatat pengeluaran. Setelah itu, milenial perlu mengalokasikan tabungan minimal 10% dari penghasilan.

Apabila memiliki cicilan usahakan kurang dari 30% penghasilan bulanan, sedangkan untuk pengeluaran rutin maksimal 20%. Pengeluaran rutin termasuk pula kebutuhan pribadi yang terkait gaya hidup maupun aktivitas sosial.

"Coba juga buat rekening terpisah antara pengeluarna bulanan, rekening hura-hura, dan rekening menabung untuk tujuan tertentu semisal dana darurat, dan lain-lain," tutur Ligwina.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement