Rencanakan Masa Depan dengan Investasi

Tim Riset dan Publikasi
Oleh Tim Riset dan Publikasi - Tim Publikasi Katadata
26 Oktober 2018, 07:00

Tren berinvestasi di Indonesia semakin berkembang. Salah satunya didorong pesatnya perkembangan teknologi digital yang mempermudah masyarakat untuk menyimpan kekayaannya dalam bentuk investasi. Ada berbagai macam model investasi yang bisa dipilih oleh para calon investor, antara lain saham, emas, peer-to-peer lending, obligasi dan reksadana. Model investasi tersebut memiliki jangka waktu, tingkat risiko dan return on investment (ROI) yang beragam.

Bagi kamu yang lebih menyukai investasi jangka panjang, emas/logam mulia, obligasi dan reksadana dengan tingkat risiko rendah sampai sedang bisa menjadi pilihan. Sedangkan bagi yang lebih menyukai investasi jangka pendek, bisa memilih saham dan peer-to-peer lending. Kelebihan peer-to-peer lending, calon investor bisa memilih tingkat risiko sesuai preferensi, mulai dari risiko rendah, sedang dan tinggi.

Dalam hitungan rerata 10 tahun, reksadana memberikan ROI tertinggi dengan nilai mencapai 203 persen. Saham menempati posisi kedua dengan 195,2 persen. Peer to peer lending dengan variasi tingkat risiko menawarkan ROI 180 persen. Di bawahnya, obligasi menyusul dengan nilai 170 persen. Sedangkan emas hanya memberikan ROI sebesar 89,4 persen.

Peer-to-peer lending pun menjadi investasi dengan pertumbuhan paling tinggi di tahun 2017. Nilai investasinya naik 802,8 persen dibanding tahun 2016, dari Rp 284 miliar menjadi Rp 2,56 triliun. Disusul emas dengan peningkatan 38,85 persen, reksadana 35,07 persen dan obligasi hanya mencatatkan peningkatan 5,38 persen. Sedangkan saham justru mengalami penurunan 1,79 persen.

Dengan beragam investasi yang ada, calon investor harus memperhatikan beberapa hal supaya tidak terjebak investasi illegal serta kerugian besar. Pertama, pastikan perusahaan investasi tersebut terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kedua, bunga atau ROI nya lebih tinggi dibanding tingkat inflasi nasional. Ketiga, pahami risiko yang mungkin akan terjadi. Keempat, pilihlah instrumen investasi yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Yuk bergabung menjadi investor yang cermat dan cerdas! 

Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami