Tiga Produk Baru Google Indonesia, Termasuk untuk Pencari Kerja

Penulis: Desy Setyowati

Editor: Pingit Aria

4/12/2018, 17.29 WIB

Google juga merilis fitur asisten pada WizPhone, ponsel lokal yang dijual di Alfamart seharga Rp 99 ribu.

Wizphone
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA

Perusahaan teknologi asal Amerika Serikat (AS), Google, meluncurkan tiga produk yang fokus pada pengguna di Indonesia. Ketiga produk itu adalah: Jobs on Google Search; GoogleGo; dan, Asisten Google di WizPhone.

Pertama, Jobs on Google Search memungkinkan pengguna mencari pekerjaan di perusahaan nasional. Dengan menggunakan kata kunci 'lowongan pekerjaan', maka Google akan langsung menampilkan lowongan pekerjaan dari seluruh situs. Pekerjaan yang tersedia akan dibagi berdasarkan jenis, industri, dan kota di Indonesia.

Google sudah membantu lebih dari 100 juta orang di berbagai negara untuk menemukan lowongan pekerjaan. "Kami optimistis dampaknya akan positif bagi (pengguna) Indonesia," ujar Product Management Director Google Search Ken Tokusei dalam acara Google for Indonesia di Lotte Shopping Avenue, Jakarta, Selasa (4/12).

Yang menarik, Google menggunakan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) yang memungkinkan pencarian informasi secara maksimal dalam bahasa Indonesia. Sebab, lebih dari 50% informasi yang tersedia menggunakan bahasa Inggris. Kurang dari 1% yang menggunakan bahasa Indonesia.

Untuk menutup kekurangan tersebut, Google bekerja sama dengan Wikipedia. Lewat kolaborasi tersebut, informasi yang tersedia di Wikipedia bisa diubah ke bahasa Indonesia secara otomatis. Hal ini merupakan langkah pertama Google di Asia.

Kedua, GoogleGo yang memungkinkan pengguna menghemat internet hingga 50%. Langkah ini ditempuh untuk mengakomodasi pengguna di daerah terpencil di Indonesia. Cukup dengan menekan tombol putar di situs apapun, GoogleGo akan membacakan teksnya.

(Baca juga:  Riset Google: 1 dari 2 Pengguna Internet Indonesia Adopsi Fintech)

Ketiga, asisten Google di WizPhone. Dengan begitu, WizPhone menjadi ponsel buatan Indonesia pertama yang dilengkapi dengan Asisten Google. WizPhone dijual di outlet Alfamart, dengan harga Rp 99 ribu.

Yang menarik, Asisten Google khususnya untuk pengguna di Indonesia dilengkapi dengan fitur baru yakni news briefings, memesan kendaraan (book a ride), dan integrasi application programming interface (API) Indosat.

Vice President of Engineering Google Assistant Scott Huffman menyatakan, asisten Google dirancang untuk penggunaan yang lebih banyak dan bisa dipakai oleh siapapun. Untuk itu, asisten Google bisa dipakai untuk membaca berita hingga memesan Go-Jek. Bahkan, asisten Google bisa bercanda sebagaimana manusia pada umumnya. "Ada 2 juta candaan di asisten Google," kata dia.

Selain itu, Google Map juga semakin lengkap dengan kehadiran fitur yang memungkinkan pengguna mengetahui waktu kedatangan Trans Jakarta. "Kami menambahkan ada 19 juta lebih gedung di Google Map pada 2018. Local guides tumbuh 40% tahun lalu. Secara keseluruhan, Google map tumbuh dua kali lipat dalam 18 bulan terakhir," ujar Director Product Management, Geo and Maps NBU Google Krish Vitaldevara.

Reporter: Desy Setyowati

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan