Tiga Produk Baru Google Indonesia, Termasuk untuk Pencari Kerja

Desy Setyowati
4 Desember 2018, 17:29
Wizphone
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA

Perusahaan teknologi asal Amerika Serikat (AS), Google, meluncurkan tiga produk yang fokus pada pengguna di Indonesia. Ketiga produk itu adalah: Jobs on Google Search; GoogleGo; dan, Asisten Google di WizPhone.

Pertama, Jobs on Google Search memungkinkan pengguna mencari pekerjaan di perusahaan nasional. Dengan menggunakan kata kunci 'lowongan pekerjaan', maka Google akan langsung menampilkan lowongan pekerjaan dari seluruh situs. Pekerjaan yang tersedia akan dibagi berdasarkan jenis, industri, dan kota di Indonesia.

Google sudah membantu lebih dari 100 juta orang di berbagai negara untuk menemukan lowongan pekerjaan. "Kami optimistis dampaknya akan positif bagi (pengguna) Indonesia," ujar Product Management Director Google Search Ken Tokusei dalam acara Google for Indonesia di Lotte Shopping Avenue, Jakarta, Selasa (4/12).

Yang menarik, Google menggunakan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) yang memungkinkan pencarian informasi secara maksimal dalam bahasa Indonesia. Sebab, lebih dari 50% informasi yang tersedia menggunakan bahasa Inggris. Kurang dari 1% yang menggunakan bahasa Indonesia.

Untuk menutup kekurangan tersebut, Google bekerja sama dengan Wikipedia. Lewat kolaborasi tersebut, informasi yang tersedia di Wikipedia bisa diubah ke bahasa Indonesia secara otomatis. Hal ini merupakan langkah pertama Google di Asia.

Kedua, GoogleGo yang memungkinkan pengguna menghemat internet hingga 50%. Langkah ini ditempuh untuk mengakomodasi pengguna di daerah terpencil di Indonesia. Cukup dengan menekan tombol putar di situs apapun, GoogleGo akan membacakan teksnya.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...