Dilepas Rini Soemarno, WIKA Kirim 311 Pekerja ke Luar Negeri

Image title
10 Desember 2018, 00:56
Wika
Katadata | Arief Kamaludin

PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA) menambah portofolio bisnis mereka di luar negeri dengan menggarap proyek infrastruktur di tiga negara, yaitu Aljazair, Niger, dan Taiwan. Dilepas oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno, Wika mengirimkan total 311 pekerja untuk ditempatkan di 3 negara tersebut melalui program Duta Bangsa.

Direktur Utama WIKA Tumiyana menjelaskan, WIKA akan membangun 5.000 unit rumah di Aljazair, jembatan Kinman Bridge di Taiwan , sementara di Niger WIKA mendapat kehormatan untuk membangun istana kepresidenan. "Kami ingin membuktikan bahwa proyek-proyek ini dapat kami selesaikan dengan baik berkat peran para Duta Bangsa," ujar Tumiyana melalui siaran pers yang diterima Katadata.co.id, Minggu (9/12).

Tumiyana percaya para pekerja tersebut akan membantu pemerintah mengurangi angka pengangguran  karena keterbatasan lapangan kerja sehingga dapat membantu menurunkan angka kemiskinan. Mereka juga akan meningkatkan jumlah devisa meningkatkan kesejahteraan.

Selain itu, secara politis program ini juga akan berdampak positif bagi pemerintah karena dapat mendorong peningkatan intensitas kerja sama antar-negara dalam hal perdagangan, keamanan, sosial-budaya, maupun aspek global lainnya.

Para duta juga mendorong adanya akulturasi, knowledge sharing, dan secara tidak langsung menstimulasi daya saing secara positif. Bagi WIKA sendiri, Duta Bangsa berada di garis depan dalam mencerminkan kualitas pembangunan infrastruktur perusahaan. Secara bisnis, ekspansi bisnis WIKA di luar negeri akan mendatangkan tambahan laba bersih sebesar 5% dari seluruh proyek infrastruktur yang dikerjakan di luar negeri.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...