Harga Sejumlah Pangan Mulai Naik Menjelang Natal dan Tahun Baru

Michael Reily
10 Desember 2018, 18:51
Telur Ayam Negeri
Arief Kamaludin | Katadata

Harga sejumlah barang kebutuhan pokok disinyalir mulai naik menjelang hari raya Natal dan Tahun Baru. Komoditas itu di antaranya beras, minyak goreng, cabai, bawang, ayam, telur, daging, dan gula.

Ketua Umum Ikatan Pedagang Pasar Tradisional Indonesia (Ikappi) Abdullah Mansuri menyatakan sinyal kenaikan  harga bahan pokok terlihat sejak dua pekan terakhir. Hal ini biasanya pertanda ada potensi peningkatan permintaan pada akhir tahun. "Biasanya, lonjakan akan signifikan setelah pertengahan Desember," kata Mansuri kepada Katadata.co.id lewat sambungan telepon.

(Baca: Kementan Sebut Harga Empat Bahan Pangan Rentan Naik Saat Natal)

Mansuri menjelaskan, lonjakan harga mulai terlihat pada telur yang dua pekan lalu harganya mulai menyentuh Rp 25.700 per kilogram di pasar. Namun sekarang sudah muali turun tipis  sebesar Rp 26.500 per kilogram. Harga daging ayam juga konsisten berada pada level Rp 40 ribu per kilogram.

Kemudian, harga bawang merah berada pada kisaran Rp 29 ribu per kilogram, bawang putih Rp 27.500 per kilogram, cabai merah besar Rp 39 ribu per kilogram serta cabai rawit merah Rp 34.500 per kilogram. Ikappi mencatat harga beras juga masih stabil tinggi.

Mansuri menuturkan, harga beras premium berada pada level Rp 12.500 sampai Rp 12.700 per kilogram. Beras medium juga masih berada di atas Harga Eceran Tertinggi (HET) yang mencapai Rp 10 ribu per kilogram.

Menurutnya, operasi pasar yang dilakukan pemerintah melalui Perum Bulog harus lebih menyasar pedagang di pasar untuk stabilisasi harga. Begitu pun untuk komoditas lainnya.

Halaman:
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...