Kementerian ESDM Lelang Empat Wilayah Kerja Tambang Awal 2019

Image title
12 Desember 2018, 06:00
Tambang
KATADATA
Tambang

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan melelang empat Wilayah Izin Usaha Pertambangan Khusus (WIUPK) pada awal tahun 2019. Empat wilayah tambang tersebut yaitu, Latao di Provinsi Sulawesi Selatan, Suasua di Provinsi Sulawesi Utara, Kolonodale di Sulawesi Tenggara, dan Rantau Pandan di Provinsi Jambi.

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi, Publik, dan Kerja Sama Kementerian ESDM Agung Pribadi mengatakan saat ini pihaknya sedang menyusun tim lelang. Selanjutnya, pengumuman jadwal lelang akan segera di informasikan. "Kami sedang susun tim panitia lelang untuk empat wilayah yang terminasi," kata dia, di Jakarta, Selasa (11/12).

Nantinya, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) tidak diperkenankan ikut lelang tersebut. Alasannya, karena sebelumnya Kementerian ESDM telah memberikan kesempatan untuk BUMN dan BUMD mengajukan minat mengukiti lelang untuk empat WIUPK itu.

Akan tetapi, ketika itu ditawarkan, tidak ada yang berminat dan memenuhi syarat. "Kalau kemarin untuk BUMN dan BUMND. Tidak ada yang berminat dan tidak memenuhi syarat, nanti akan terbuka," kata dia.

Dana jaminan untuk lelang tersebut juga tetap mengacu Peraturan Menteri ESDM Nomor 11 Tahun 2018 tentang lelang WIUPK. Sebelumnya Direktur Pembinaan Program Mineral dan Batu Bara Kementerian ESDM Muhammad Wafid mengatakan akan merevisi Permen tersebut.

Revisi dilakukan karena dalam aturan sebelumnya, tidak merinci mekanisme dana penjaminan peserta lelang. Saat ini ada beberapa pengertian mengenai mekanisme dana penjaminan. Ada yang berupa deposito, lalu ada hanya keterangan dari bank.

Halaman:
Reporter: Fariha Sulmaihati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...