Produksi Batu Bara Sudah 90% dari Target, 22,6% untuk Pasar Domestik

Image title
12 Desember 2018, 21:54
Tambang Batu Bara
Donang Wahyu|KATADATA

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat realisasi produksi batu bara sampai akhir November mencapai 441,85 juta ton. Jumlah ini setara 90% target yang dibidik pada tahun ini sebanyak 485 juta ton.

Porsi batu bara untuk memenuhi kewajiban pasok di dalam negeri (domestic market obligation/DMO) sebesar 100,37 juta ton dari realisasi produksi per bulan lalu. Jumlahnya setara dengan 22,6% dari total produksi. Sementara itu, sebanyak 341,48 juta ton lainnya diekspor, kuantitas ini mendekati target 364 juta ton.

Batu bara yang dipasok untuk kebutuhan domestik mayoritas diserap sektor kelistrikan, semisal untuk bahan bakar pembangkit 82,3 juta ton. Sebanyak 18,07 juta ton disalurkan ke industri lain, seperti pertekstilan, semen, dan briket.

(Baca juga: Produksi Batu Bara Delapan Bulan Terakhir Capai 64% Target

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama Kementerian ESDM Agung Pribadi mengatakan, meskipun realisasi produksi per November mencapai 90% target tetapi belum dipastikan realisasi pada pengujung tahun sesuai target atau tidak.

Hal tersebut lantaran jumlah produksi batu bara yang ada sekarang belum semuanya terdata. "Sedangkan untuk IUP (Izin Usaha Pertambangan) daerah masih hingga September. PKP2B dan IUP OP sampai November," kata Agung, di Jakarta, Rabu (12/12).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...