Surya Jadi Sumber Energi Terbesar yang Potensial Dikembangkan di NTB

Image title
13 Desember 2018, 15:46
Surya EBT
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
ilustrasi.

Matahari menjadi sumber energi terbesar yang paling potensial dikembangkan di Nusa Tenggara Barat (NTB). Ini merupakan hasil kajian perusahaan konsultan dan penelitian di bidang energi dan perubahan iklim asal Denmark Ea Energy Analyses.

Dalam kajian itu, matahari di NTB bisa dimanfaatkan menjadi sumber energi melalui Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). Potensi listrik yang bisa dihasilkan dari pembangkit berbasis tenaga matahari itu bisa mencapai 903 Mega Watt (MW).

Listrik yang bisa dihasilkan PLTS itu mengalahkan beberapa sumber energi lainnya di NTB. Pembangkit Listrik Tenaga Bayu atau Angin (PLTB) hanya bisa menghasilkan 431 MW. Kemudian, Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) dan Arus Laut (PLTAL) masing-masing hanya bisa menghasilkan 100 MW.

Sumber energi lainnya yang bisa dimanfaatkan adalah Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa (PLTBm) sebesar 81 MW. Ada juga potensi dari Pembangkit Listrik Tenaga Biogas (PLTBg) 28 MW.

Selain potensinya yang besar, kajian Ea Energy Analyses itu menyebutkan, penyinaran matahari di NTB setiap jamnya bisa konstan sepanjang tahun. Apalagi, periode Mei hingga Oktober. Pada musim itu, matahari bersinar paling konstan. "Radiasi matahari di NTB sepanjang tahun konstan," kata Konsultan Ea Energy Alberto Dalla Riva, di Jakarta, Kamis (13/12).

Konsultan perusahaan jasa profesional asal Inggris KPMG Bjarne Bach juga menyatakan PLTS baik yang dipasang di atap atau tidak, memiliki tingkat kerusakan terendah dibandingkan pembangkit lainnya. Ini karena, teknologinya lebih sederhana. "Tingkat kerusakannya hanya sekitar 7-14%," kata dia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...