Jokowi dan Prabowo Saling Berebut Dukungan di Kantong Suara Lawan

Ameidyo Daud Nasution
17 Desember 2018, 14:22
Jokowi vs Prabowo
KATADATA/ARIEF KAMALUDDIN

Perebutan basis suara menjelang Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun depan semakin menjadi. Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno berlomba untuk merebut dukungan di kantong-kantong suara yang pada Pilpres 2014 menjadi basis kekuatan lawan.

Sabtu (15/12) kemarin, Jokowi hadir di Pekanbaru, Riau untuk memberi pengarahan langsung pada Tim Kampanye Daerah (TKD) Wilayah Riau untuk memenangkan pasangan calon nomor urut 01 di provinsi ini. Jokowi memberikan perhatian khusus untuk Provinsi Riau lantaran survei internal menunjukkan elektabilitas petahana di wilayah tersebut hanya mencapai 42%. Sementara itu, pasangan calon nomor urut 2 Prabowo-Sandiaga mendapatkan suara 54%.

Oleh karena itu, Jokowi berpesan kepada TKD Wilayah Riau agar berhati-hati namun tetap optimistis dalam menjalani Pilpres 2019. "Tidak usah pesimis, saya yakin dengan militansi bapak dan ibu bisa," kata Jokowi saat memberikan pengarahan di depan TKD Riau, akhir pekan lalu.

(Baca: Jokowi Akui Elektabilitasnya di Riau Masih Kalah dari Prabowo)

Data dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) menunjukkan, perolehan suara Jokowi di provinsi ini hanya terpaut tipis melawan Prabowo saat Pilpres 2014. Jokowi yang berpasangan dengan Muhammad Jusuf Kalla saat itu meraih 49,8% suara sedangkan Prabowo-Hatta Rajasa meraih 50,1% suara.

Jokowi meminta TKD melakukan pendekatan dari pintu ke pintu rumah masyarakat. Dia juga memberi masukan agar keberhasilan pemerintah di Riau terus diangkat. Contohnya, masalah asap kebakaran hutan di provinsi ini yang berhasil dihentikan.

Selain itu, keberhasilan pemerintah mengambil alih pengelolaan Blok Rokan dari Chevron juga patut menjadi materi kampanye yang efektif. Bahkan, Jokowi menjanjikan warga Riau harus menjadi salah satu komisaris di perusahaan yang mengelola Blok ini nantinya. "Itu bisa disampaikan kepada masyarakat," kata Jokowi.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...