Traveloka Dikabarkan Akuisisi Pegipegi Lewat SPV di Singapura

Desy Setyowati
18 Desember 2018, 09:14
CEO Traveloka Ferry Unardi
Dok. Pribadi
CEO Traveloka Ferry Unardi

Perusahaan teknologi asal Jepang Recruit Holdings Co Ltd diketahui melepas tiga bisnis di bidang jasa perjalanan, Pegipegi di Indonesia, MyTour di Vietnam, dan TravelBook di Filipina ke perusahaan cangkang (special purpose vehicle/SPV) berbasis di Singapura Jet Tech Innovation Ventures Pte Ltd pada 5 Januari 2018. Jet Tech ternyata berafiliasi dengan Traveloka.

Menurut laporan Recruit Holdings, Jet Tech membeli ketiga startup itu senilai US$ 66,8 juta atau sekitar US$ 968,6 miliar. Yang menarik, Direktur Jet Tech yang turut serta dalam transaksi tersebut adalah Hendrik Susanto. Hendrik menjabat sebagai Chief Strategy and Investment Officer Traveloka.

Secara rinci, Jet Tech membeli 580,85 juta lembar saham TravelBook; 522.137 lembar saham Pegipegi; dan, 252,5 miliar lembar saham MyTour. "Total harga dari TravelBook, Pegipegi, dan MyTour adalah US$ 66,8 juta," demikian dikutip dari laporan tersebut, awal tahun ini (5/1).

Adapun Hendrik bergabung dengan Traveloka pada September 2017. Sebelumnya, ia bekerja di bisnis manajemen investasi selama lebih dari 20 tahun. Posisi terakhir yang ia tempati adalah CEO Ancora Capital Management.

Sementara Jet Tech terdaftar sebagai perusahaan di Singapura pada 20 Oktober 2017. Laporan itu menyebutkan, kantor Jet Tech di 2 Shenton Way #18-01 SGX Centre, Singapura. Alamat ini pun sama dengan kantor Traveloka Pte Ltd di Singapura. Mengutip dari Tech In Asia, CEO Traveloka Ferry Unardi disebut-sebut juga menjabat sebagai direktur Jet Tech.

(Baca: Rudiantara Desak Unicorn Segera IPO sebelum Membesar Jadi Decacorn)

Sementara itu, hasil penelusuran di LinkedIn menunjukkan, CEO PT Go Online Destinations atau Pegipegi Kevin Sandjaja sempat bekerja di Jet Tech. Kevin menjabat sebagai Head of Business Development di Jet Tech sejak 2017 hingga 2018. Lalu, ia menjabat sebagai CEO Pegipegi pada 2018.

Lalu, Serlina Wijaya juga sempat menjabat sebagai Head of Business Development Jet Tech di tahun yang sama. Kini, Serlina menempati bagian dari tim Building Pegipegi. Ia juga sempat bergabung dalam tim Marketing dan Analytics Traveloka pada 2014 hingga 2017.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...